Path: Top > Tesis Magister Terapan > Magister Terapan Keuangan & Perbankan Syariah > 2019

Model Adopsi Online Internet Banking Pada Industri Perbankan Syariah: Menggunakan Perluasan UTAUT2 Dengan Tingkat Religiusitas (Studi Kasus Pada Bank Syariah Di Jawa Barat)

Model Of Internet Banking Online Adoption In The Sharia Banking Industry: Using UTAUT2 Expansion With Religiusity Level (Case Study On Islamic Banks In West Java)

Tesis, 015 / 2019 / MTKPS
Master Theses from JBPTPPOLBAN / 2019-11-19 14:08:52
Oleh : Ratna Sundari Johar Sukadi - 175168026 (ratnasundarijohar@gmail.com)
Dibuat : 2019-11-19, dengan 4 file

Keyword : Religiusitas, harapan kinerja, upaya harapan, pengaruh sosial, bank Syariah
Subjek : Religiousity, performance expectations, effort expectations, social influences, islamic banks

Era baru Industry 4.0 ditandai oleh, digitalisasi dan otomatisasi di setiap aspek. Dalam industri perbankan, era ini telah menyediakan alat tata kelola berbasis teknologi. Teknologi tata kelola ini telah mengubah cara bank beroperasi dan menawarkan produk dan layanan kepada pelanggan mereka dengan mengurangi kendala geografis dan biaya transaksi keuangan. Meskipun pentingnya teknologi dalam industri perbankan diakui secara luas, kepedulian terhadap era digitalisasi dan otomatisasi dalam perbankan Islam ini terbatas. Studi ini dilakukan untuk menyelidiki faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen bank syariah dalam mengadopsi internet banking online. Untuk menguji hipotesis yang dikembangkan, penelitian ini menggunakan Teori Penerimaan dan Penggunaan teknologi the unified theory of acceptance and use of technology (UTAUT)2 yang ditambah dimensi religiusitas. Penelitian ini menggunakan sampel dari 300 pelanggan yang menggunakan internet banking Syariah di wilayah Jawa Barat. Menggunakan Partial Least Square (PLS) sebagai metode analisis, hasil data analisis mengungkapkan bahwa kinerja harapan, fasilitas kondisi yang dimoderatori oleh jenis kelamin dan kebiasaan adalah penentu paling penting bagi nasabah mengadopsi layanan internet banking syariah. Penelitian ini memperluas pengetahuan yang ada tentang adopsi internet banking dalam konteks perbankan Islam. Dari perspektif praktis, penelitian ini memberikan panduan dan strategi bagi manajer bank syariah untuk mendorong nasabah mereka mengadopsi layanan perbankan internet online. Kata Kunci: Religiusitas, harapan kinerja, upaya harapan, pengaruh sosial, bank Syariah.

Deskripsi Alternatif :

Industry 4.0 new era was marked by, among other things, digitalization and automation in every aspect. In the banking industry, this era has provided this industry by providing technology-based governance tools. This governance technology has changed the way banks operate and offer products and services to their customers by reducing geographical constraints and the cost of financial transactions. Although the importance of technology in the banking industry is widely recognized, concern for challenges in the era of digitalization and automation in Islamic banking is limited. This study was conducted to investigate the factors that influence consumers of Islamic banks in adopting online internet banking. To test the hypotheses developed, this study uses The Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT)2 which is added by the religious dimension. This study uses a sample of 300 customers who use Sharia internet banking collected from the West Java region. Using Partial Least Square (PLS) Modeling as an analysis method, the results of the analysis data reveal that performance expectations, condition facilities moderated by gender and habits are the most important determinants for customers adopting sharia internet banking services. This research broadens existing knowledge about internet banking adoption in the context of Islamic banking. From a practical perspective, this study provides guidance and strategies for sharia bank managers to encourage their customers to adopt online internet banking services. Keywords: Religiousity, performance expectations, effort expectations, social influences, islamic banks.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Prof. Drs. Dwi Suhartanto. MCM., Ph.D., Editor: Erlin Arvelina

Download...