Path: Top > Skripsi - D4 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > REGULER > 2013

Pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan CV Fruity Indonesia

The Impact of Customer Satisfaction on Customer Loyality at CV Fruity Indonesia

Tugas Akhir, 003 / 2013 / BA
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2018-09-03 15:05:54
Oleh : Ririn Khairunnisa - 095254027 (ririnkhairunnisa91@yahoo.com)
Dibuat : 2014-09-26, dengan 4 file

Keyword : Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan
Subjek : Customer Satisfaction, Customer Loyalty

Penelitian ini diberi judul "Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan CV Fruity Indonesia". Berdasarkan survey awal yang dilakukan melalui wawancara langsung terhadap konsumen, dan melalui system keluhan pelanggan seperti facebook serta twitter didapat hasil 80% pelanggan puas terhadap produk dan 20% tidak puas terhadap pelayanan yang diberikan Fruity. Pelanggan yang puas akan melalukan pembelian berulang, dan merekomendasikan kepada orang lain. Hal tersebut dapat dikatakan bahwa pelanggan tersebut loyal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan, tingkat loyalitas pelanggan, keeratan hubungan antara kepuasan pelanggan dengan loyalitas pelanggan, serta mengetahui pengaruh yang signifikan dan positif antara kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan CV Fruity Indonesia. Populasi dalam penelitian ini merupakan pelanggan dari Fruity. Berdasarkan informasi yang diberikan perusahaan, populasi yang diketahui berjumlah paling sedikit 100.000 pelanggan/bulan. Merujuk pada tabel Isaac dan Michael didapat hasil bahwa dengan populasi tersebut responden yang digunakan sebesar 270 dengan taraf kesalahan 10%. Dalam penelitian ini, alat ukur yang digunakan berupa kuesioner, dengan menggunakan skala likert dengan data interval (1-5). Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling yang terbagi kedalam lima area yaitu Bandung, Cimahi, Purwakarta, Karawang, dan Bekasi. Dalam penelitian ini, metode analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif, korelasi, dan regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian, kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan berada pada tingkat yang tinggi dengan mean berada pada interval 3,41 – 4,20. Hal tersebut dapat dikatakan bahwa pelanggan CV Fruity telah merasa puas, dan loyalitas dari pelanggan CV Fruity tinggi. Selain itu, hubungan kepuasan pelanggan dengan loyalitas pelanggan CV Fruity Indonesia dapat dikatakan kuat. Hal itu karena pada kolom R sebesar 0.662 yang berada pada interval 0,60 – 0,799. Maka jika kepuasan pelanggan meningkat, loyalitas pelanggan akan meningkat juga. Kemudian terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan CV Fruity Indonesia. Hal itu bisa dilihat dari hasil regresi yaitu Y = 4,052 + 0,435 X artinya, jika kepuasan pelanggan bertambah 1 unit maka loyalitas pelanggan akan bertambah sebesar 0,435. Kata kunci: Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan.

Deskripsi Alternatif :

The research titled is "The Impact Of Customer Satisfaction on Customer Loyalty at CV Fruity Indonesia". Based on the earlier survey conducted through direct interviews to consumers, and through customer complaints system like facebook and twitter got the result 80% of customers satisfied with the products and 20% are not satisfied with the services provided by Fruity. Satisfied customer will pull through repeat purchases, and recommend to others. It can be said that the loyal customers. The purpose of this study was to determine the level of customer satisfaction, customer loyalty, closeness of the relationship between customer satisfaction and loyalty of customers, as well as knowing a significant and positive effect between customer satisfactions to customer loyalty CV Fruity Indonesia. The population in this study is a customer of Fruity. Based on the information given by the company, known population numbered at least 100,000 customers / month. Referring to the table of Isaac and Michael got the result that the population of 270 respondents who used the 10% error level. In this study, measuring instruments used in the form of questionnaires, using Likert scale with interval data (1-5). The sampling technique used is Purposive Sampling is divided into five areas, namely Bandung, Cimahi, Purwakarta, Karawang and Bekasi. In this study, the method of analysis used is descriptive analysis, correlation, and simple linear regression. Based on the research results, customer satisfaction and customer loyalty is at a high level with the mean is in the interval from 3.41 to 4.20. It can be said that the CV Fruity customers have been satisfied, and the loyalty of customers Fruity high CV. In addition, the relationship with customer loyalty customer satisfaction CV Fruity Indonesia can be said strongly. That's because the field R of 0.662 which is in the interval from 0.60 to 0.799. So if increased customer satisfaction, customer loyalty will increase as well. Then there is a significant and positive effect between customer satisfaction to customer loyalty CV Fruity Indonesia. It can be seen from the results of the regression is Y = 4.052 + 0.435 X means that, if the customer satisfaction increases customer loyalty then 1 unit will increase by 0.435. Keywords: Customer Satisfaction, Customer Loyalty.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Dra. Tintin Suhaeni, S.Sos., M.Si., Editor: Erlin Arvelina

Download...