Path: Top > Tugas Akhir - D3 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2015

Analisis Tingkat Kualitas Layanan Bagian Pendaftaran Pasien Baru Unit Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Sumedang

Analysis Of Service Quality Level In New Patient Registration Sumedang District General Hospilat Outpatien Unit

Tugas Akhir, 061 / 2015 / ABS
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2018-05-28 14:17:12
Oleh : Riyan Gunawan Indranata - 115211026 (gnwnriyan@gmail.com)
Dibuat : 2018-05-28, dengan 4 file

Keyword : Pendaftaran Pasien Baru , Kualitas layanan
Subjek : New Patient Registration, Level of Quality Service

Rumah Sakit Umum Daerah Sumedang merupakan salah satu lembaga kesehatan terbesar yang ada di sumedang. Lembaga ini bergerak di bidang layanan kesehatan, karena itu layanan kesehatan di lembaga ini harusnya sangat berkualitas bila dibandingkan dengan lembaga sejenisnya di Sumedang. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kualitas layanan yang ada di bagian pendaftaran pasien baru unit rawat jalan rumah sakit umum sumedang. Penelitian yang dilakukan memiliki satu variabel yaitu tingkat kualitas layanan yang memiliki 5 dimensi yaitu tangible, emphaty, reliability, responsiveness dan assurance. Metode penelitian yang dilakukan adalah uji validasi, uji reliabilitas dan deskriptif analitik, dimana hasil analisa dideskripsikan oleh peneliti. Metode sampling yang digunakan merupakan purposive sampling dimana sample harus memenuhi syarat tertentu, dimana sample di ambil dari masyarakat yang mendaftar sebagai pasien baru dan belum memiliki data medis di rumah sakit umum daerah sumedang. Data yang didapat oleh peneliti dimasukan dan di olah menggunakan aplikasi SPSS 17.0 for windows, dimana data akan dihitung nilai mean, range, min, max dan standard deviasinya. Hasil dari penelitian yang dilakukan di bagian pendaftaran pasien baru unit rawat jalan rumah sakit umum sumedang menunjukan bahwa secara keseluruhan kualitas pelayanan dikategorikan sebagai baik dengan nilai rata – rata keseluruhan 3,31 yang di intepretasikan bahwa tingkat kualitas layanan di rumah sakit umum daerah sumedang bagian pendaftaran pasien baru sudah cukup, dengan dimensi reliability sebagai dimensi yang paling dominan mendukung hal tersebut bisa tercapai. Kata Kunci: Pendaftaran Pasien Baru , Kualitas layanan.

Deskripsi Alternatif :

Sumedang District General Hospital is one of the largest health institution in sumedang. The institute is engaged in the field of health care, because it is health care in these institutions should be highly qualified if compared with other institutions in Sumedang. The study was conducted in order to determine the quality of existing services in the new patient registration unit of a general hospital outpatient sumedang. Research conducted has one variable is the level of quality of service that has five dimensions that is tangible, empathy, reliability, responsiveness and assurance. The research method is a validation test, reliability test and descriptive analytic, where the results of the analysis described by researchers. Sampling method used is purposive sampling where samples must meet certain conditions, where the sample is taken from the people who sign up as a new patient and do not yet have medical data in public hospitals sumedang area. The data obtained by researchers inserted and processed using SPSS 17.0 for Windows, where the data will be calculated the mean, range, min, max and standard deviation. Results of research conducted at the new patient registration unit general hospital outpatient sumedang shows that the overall quality of service categorized as good with value - average overall at 3.31 which Interpret that the level of quality of service in general hospital admissions sumedang The new patient is already fulfill standard requirement, with dimensions of reliability as the most dominant dimension of support it can be achieved. Keywords: New Patient Registration, Level of Quality Service.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Dra. Sholihati Amalia, S.Sos., M.Pd., Editor: Erlin Arvelina

Download...