Path: Top > Tugas Akhir - D3 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Manajemen Pemasaran > 2013

ANALISIS PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP MINAT BELI YAMAHA MIO J TEEN (Studi Kasus Pada Mahasiswa di Bandung)

The Influence of Product Attributes Analysis Toward Purchase Intention Yamaha Mio J Teen (Case Study : University Student in Bandung)

Tugas Akhir, 012 / 2013 / MPE
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2014-05-21 09:40:59
Oleh : Rizkyaldi Syahrirmuharram - 105231030 (aldy.syahrir@gmail.com)
Dibuat : 2014-05-21, dengan 4 file

Keyword : Atribut Produk, Minat beli, Merek
Subjek : Product Attributes, Purchase Intention, Brand

Yamaha Mio J Teen adalah salah satu produk Yamaha dimana sepeda motor ini merupakan sepeda motor terlaris yang dihasilkan oleh Yamaha. Meski demikian, total penjualan sepeda motor Yamaha masih dibawah pesaingnya, yaitu Honda. Hal tersebut menunjukkan bahwa minat beli konsumen terhadap Yamaha Mio J Teen masih sedikit. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah pengaruh atribut produk terhadap minat beli Yamaha Mio J Teen (Studi Kasus Mahasiswa di Bandung). Terdapat dua variabel yang di teliti, pertama variabel independen dengan dimensinya yaitu kualitas produk, fitur produk, merek, desain, harga, layanan pelengkap serta jaminan, kedua merupakan variabel dependen yaitu minat beli. Penelitian ini mempunyai tujuan : (1) mengetahui hubungan antara atribut produk dengan minat beli, (2) mengetahui pengaruh atribut produk terhadap minat beli, (3) mengetahui dimensi dalam atribut produk yang paling berpengaruh terhadap minat beli. Sampel yang diambil oleh peneliti berjumlah 202 responden. Data di analisis dengan menggunakan korelasi spearman dan regresi logistik karena data dari penelitian ini berdistribusi tidak normal. Dengan bantuan software SPSS 20.0 diketahui bahwa : 1. atribut produk berhubungan positif signifikan dengan minat beli Yamaha Mio J Teen, 2. atribut produk berpengaruh secara positif signifikan dengan minat beli, dengan dimensi yang memiliki pengaruh yaitu merek, 3. sebesar 39,8 % minat beli Yamaha Mio J Teen dapat dijelaskan oleh variabel atribut produk, sisanya oleh faktor-faktor yang tidak diujikan dalam penelitian ini. Kata kunci : Atribut Produk, Minat beli, Merek

Deskripsi Alternatif :

Yamaha Mio J Teen is one of Yamaha’s product, and Yamaha Mio J Teen is the best-selling motorcycle produced by Yamaha. However, total sales of Yamaha motorcycles is still below its competitors, Honda. It shows that, purchase intention toward Yamaha Mio J Teen is still low. The purpose of this research is to invetigate “The Influence of Product Attributes Analysis Toward Purchase Intention Yamaha Mio J Teen (Case Study on Univeristy Student in Bandung)”. There are two variables, the first is independent variable with the dimensions are product quality, product features, brand, design, price, warranty, and complementary services, the second is the dependent variable : purchase intention. Specifically this study aims : (1) to know the relationship between product attributes with purchase intention, (2) to know the effect of product attributes toward purchase intention, (3) to know the dimensions of the product attributes that most influence toward purchase intention. The data collected from 202 respondents. Data were analyzed using Spearman correlation and logistic regression because the data from this study are not normally distributed. By SPSS 20.0 software, the result show that 1. There is a significant and positive correlation between product attributes with purchase intention Yamaha Mio J Teen, 2. There is a significant and positive regression between product attributes toward purchase intention, dimension that have the effect is brand, 3. purchase intention Yamaha Mio J Teen can be explained by the variable product attributes (39.8%), the rest by factors not tested in this study. Keywords: Product Attributes, Purchase Intention, Brand

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing 1: Adila Sosianika SE., MAIMM., Editor: Erlin Arvelina

Download...