Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Teknik Sipil > Program Studi Teknik Konstruksi Sipil > 2019

Analisis Kinerja Simpang Tiga Tak Bersinyal Pada Simpang Jalan Surapati-Jalan Pusdai

Performance Analysis of Unsignalized Three Intersections at Surapati Street-Pusdai Street

Tugas Akhir, 012 / 2019 / KSI
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2020-03-31 22:45:48
By : Rofialdi Nugraha Cahyaningrat - 161121022 & Saeful Ihsan - 161121023 (Saeful.ihsan.si@gmail.com)
Created : 2020-03-27, with 4 files

Keyword : Simpang Tiga, Kinerja simpang, Simpang Tak Bersinyal, Simpang Bersinyal, MKJI 1997
Subject : Intersection, Traffic Performance, Unsignalized Intersection, Signalized Intersection, MKJI 1997

Masalah kerapatan arus lalu-lintas sering terjadi pada daerah perkotaan di Indonesia. Salah satu contoh kerapatan arus lalu-lintas terjadi pada Simpang Tiga Jalan Surapati-Jalan Pusdai. Simpang Tiga Jalan Surapati-Jalan Pusdai merupakan salah satu simpang yang ada di Kota Bandung yang mengalami kerapatan arus lalulintas yang diakibatkan oleh adanya SPBU, Pasar Cihaurgeulis dan Komplek Pusdai. Berdasarkan pada permasalahan tersebut perlu dilakukan analisis kinerja simpang eksisting dan meningkatkan kinerjanya dengan cara merubah simpang tersebut yang awalnya merupakan simpang tak bersinyal menjadi simpang bersinyal dengan menggunakan MKJI 1997. Setelah dilakukan analisis pada simpang didapatkan hasil kinerja yang buruk yang terlihat dari nilai derajat kejenuhan (DS) sebesar 2,0486, nilai tundaan yang tidak bisa dikaji dengan menggunakan MKJI 1997 karena nilai DS yang tinggi tersebut dan nilai peluang antrian sebesar 195-479%. Setelah dilakukan penanganan dengan mengubah simpang tak bersinyal menjadi menjadi simpang bersinyal dengan pengaturan dua fase didapatkan peningkatan kinerja pada simpang tersebut yang terlihat dari nilai derajat kejenuhan (DS) pada pendekat barat, timur, dan selatan masing-masing sebesar 0,767, 0,844, dan 0,844, tundaan simpang rata-rata 13,29 detik/smp, panjang antrian pada pendekat barat, timur, dan selatan masing-masing sebesar 114,286 m,85 m, dan 48,88 m. Dan setelah dilakukan penanganan solusi dengan menggunakan 3 fase didapat peningkatan kinerja yang lebih baik dari penanganan sebelumnya dengan didapatkan nilai derajat kejenuhan (DS) pada pendekat barat, timur, dan selatan masing-masing sebesar 0,648, 0,734, dan 0,734, tundaan simpang rata-rata 13,303 detik/smp, dan panjang antrian pada pendekat barat, timur, dan selatan masing-masing sebesar 68,57 m, 80 m, dan 40 m. Kata Kunci: Simpang Tiga, Kinerja simpang, Simpang Tak Bersinyal, Simpang Bersinyal, MKJI 1997.

Description Alternative :

The problem of traffic flow density often occurs in urban areas in Indonesia. One example of the density of traffic flows occurs at the Surapati – Pusdai street intersection. The Surapati-Pusdai Street Intersection is one of the intersections in the city of Bandung that experiences traffic density caused by gas stations, Cihaurgeulis Market and Pusdai Area. Based on these problems it is necessary to analyze the performance of the existing intersection and improve its performance by changing the intersection which was originally an unsignalized intersection to become a signalized intersection using MKJI 1997. After analyzing the intersection, it results in poor performance which can be seen from the value of the degree of saturation (DS) amounted to 2.0486, the value of the delay that could not be assessed using MKJI 1997 because of the high DS value and the queue probability value of 195-479%. After handling by changing the unsignalized intersection into a signalized intersection with a two-phase arrangement, an increase in performance at that intersection can be seen from the value of the degree of saturation (DS) in the west, east and south approaches respectively 0.767, 0.844 and 0.844. Average intersection delays of 13,29 seconds / pcu, and the length of the queue at the west, east, and south approaches respectively 114,286 m, 85 m, and 48,88 m. And after handling the solution using 3 phases, there is an increase in performance that is better than the previous treatment by obtaining the degree of saturation (DS) values in the west, east, and south approaches respectively of 0.648, 0.734 and 0.734, the average intersection delay 13,303 seconds / pcu, and the length of the queue in the west, east and south approaches respectively 68,57 m, 80 m and 40 m. Keywords: Intersection, Traffic Performance, Unsignalized Intersection, Signalized Intersection, MKJI 1997.

Give Comment ?#(0) | Bookmark

PropertyValue
Publisher IDJBPTPPOLBAN
Organization
Contact NameHelmi Purwanti
AddressJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
CityBandung
RegionJawa Barat
CountryIndonesia
Phone022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
Administrator E-mailhelmi.purwanti@polban.ac.id
CKO E-mailhelmi.purwanti@polban.ac.id

Print ...

Contributor...

  • Pembimbing 1: Asep Sundara, BSCE., M.T.

    Pembimbing 2: Risna Rismiana Sari, S.T., M.Sc., Editor: Erlin Arvelina

Downnload...