Path: Top > Tugas Akhir - D3 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Manajemen Pemasaran > 2015

Alasan Pemasang Iklan Mensponsori Program Acara Di Radio (Studi Kasus Program Acara Special Ramadhan Di Bandung Radio)

Determining The Advertisers of Sponsorship Programs on the Radio (The Case of The Special Event of Ramadhan Bandung Radio)

Tugas Akhir, 040 / 2015 / MPE
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2018-05-25 11:40:59
Oleh : Rosi Adelia - 125231026 (adeliarosi@gmail.com)
Dibuat : 2018-05-25, dengan 4 file

Keyword : Radio, Program Acara, pemasang iklan, sponsor
Subjek : Radio, Program events, Advertisers, Sponsors

Semakin berkembangnya teknologi dan informasi ternyata tidak menurunkan tingkat pendengar radio, terbukti dengan semakin bertambahnya radio yang bermunculan khususnya di kota Bandung. Hal inilah yang menyebabkan para pemasang iklan masih mempercayai media massa radio sebagai media yang efektif untuk memperkenalkan produknya di masyarakat. Bandung Radio pun hingga saat ini terus melebarkan sayapnya agar tetap dipercayai oleh pemasang iklan, salah satu cara yang Bandung Radio lakukan adalah dengan pembuatan program acara yang inovatif sesuai momentum yang ada. Seperti halnya pada bulan suci Ramadhan ini Bandung Radio menyuguhkan lima program acara untuk menamani para pendengar dengan harapan bahwa para pemasang iklan tertarik untuk mensponsori program acara tersebut. Namun pada kenyataannya masih ada beberapa program acara spesial Ramadhan Bandung Radio yang belum di sponsori. Untuk itu penulis ingin mengetahui alasan pemasang iklan mensponsori program acara khususnya program acara spesial Ramadhan. Dalam analisis ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan enam informan untuk mengetahui alasan tersebut dan dengan menggunakan metode Miles and Huberman yaitu melalui reduksi data, lalu mendisplay data dan pengambilan kesimpulan. Akhirnya didapatkan hasil bahwa alasan pemasang iklan mensponsori program acara spesial Ramadhan terdapat dua faktor, pertama faktor teknis yang meliputi kesesuaian program acara dengan produk, segmentasi produk dengan program acara, waktu, konten program acara, manfaar program acara, tujuan produk dll dan faktor non teknis seperti emosional, kepercayaan dan kesukaan. Kata kunci: Radio, Program Acara, pemasang iklan, sponsor.

Deskripsi Alternatif :

The Development of technology and information, it doesn’t make the level of Radio Listeners go down. Its proveds by the increasing number radios that had pop out, especially in Bandung. This is why the advertises still trust the mass media of radio as an effective wayto introduce their product to the people. Bandung Radio as a mass media, until now still to spread their wings to be trusted media by the advertisers, one way to do by Bandung Radio is the manufacture of innovative programs that fit with the existing moment, sush as in Ramadhan, Bandung Radio present five programs to accompany listeners, with expectations that the advertiser will be interesting become sponsoring the programs. But in fact there are some Ramadhan programs in Bandung Radio that are not sponsorsed. So that the writer want to know the reason a sponsor in special programs, especially in Ramadhan programs. In this analysis the writer use qualitative methods with six informant to know reason and by using Miles and Huberman method is through data reduction, and than display data and conclusion. In short, will jets the result of the determining advertisers wat to be be a sponsor in special programs Ramadhan. There are two factors, first the technical factors that include the suitability of the product programs, timing, content program, the benefit of programs, the purpose of the product, etc and the second is non technical factors such as emotional, confidence and joy. Keywords: Radio, Program events, Advertisers, Sponsors.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Drs. Agustinus C. Februadi, M.Phil., Editor: Erlin Arvelina

Download...