Path: Top > Tugas Akhir - D3 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Manajemen Pemasaran > 2004
ANALISIS SIKAP TERHADAP IKLAN DJARUM COKLAT DI TELEVISI DI KALANGAN MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI BANDUNG
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2015-11-18 09:21:25
Oleh : David Restu Sandroto (01702009), Polban
Dibuat : 2004, dengan 1 file
Keyword : Perilaku Konsumen, Sikap, Iklan
ABSTRAK
Sikap merupakan elemen dari faktor psikologi yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pemasaran. Objek sikap dapat berbentuk iklan, produk, merek, jasa, orang, harga, maupun konsep-konsep yang berhubungan dengan pemasaran.
Penelitian ini secara khusus meneliti sikap terhadap iklan Djarum Coklat di televisi dengan endorser PADI, GIGI, dan NUGIE di kalangan mahasiswa Politeknik Negeri Bandung. Sikap terhadap iklan dapat didefenisikan sebagai kecenderungan untuk menjawab iklan dengan sikap positif atau negatif selama penayangan iklan.
Berdasarkan pendekatan respon kognitif (Belch & Belch, 1995) ketika melihat iklan konsumen dihadapkan pada beberapa hal seperti pemikiran tentang produk/pesan dalam iklan (product/message thought), pemikiran tentang sumber iklan (source oriented thought), dan pemikiran tentang eksekusi iklan (advertisement execution thought). Respon konsumen terhadap hal-hal tersebut akan mempengaruhi sikap konsumen terhadap iklan, apakah konsumen menyukai atau tidak menyukai iklan tersebut. Sikap terhadap iklan sangat bermanfaat untuk mengetahui efektivitas sebuah iklan, apakah dapat menimbulkan sikap terhadap merek dan hasrat atau keinginan membeli.
Penelitian ini menggunakan beberapa metode analisis yang terdiri dari analisis descriptive statistics, frekuensi, dan korelasi. Hasil analisis descriptive statistics menunjukkan bahwa responden memiliki sikap yang positif terhadap iklan Djarum Coklat (3,6203) dan setuju bahwa Djarum Coklat memiliki reputasi merek yang baik. Analisis frekuensi menunjukkan 52,5% responden memiliki hasrat atau keinginan membeli setelah penayangan iklan dan analisis korelasi menunjukkan korelasi yang positif dan signifikan antara sikap terhadap iklan Djarum Coklat dengan hasrat atau keinginan membeli 0,339 dengan tingkat kepercayaan 99%.
ABSTRAK
Sikap merupakan elemen dari faktor psikologi yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pemasaran. Objek sikap dapat berbentuk iklan, produk, merek, jasa, orang, harga, maupun konsep-konsep yang berhubungan dengan pemasaran.
Penelitian ini secara khusus meneliti sikap terhadap iklan Djarum Coklat di televisi dengan endorser PADI, GIGI, dan NUGIE di kalangan mahasiswa Politeknik Negeri Bandung. Sikap terhadap iklan dapat didefenisikan sebagai kecenderungan untuk menjawab iklan dengan sikap positif atau negatif selama penayangan iklan.
Berdasarkan pendekatan respon kognitif (Belch & Belch, 1995) ketika melihat iklan konsumen dihadapkan pada beberapa hal seperti pemikiran tentang produk/pesan dalam iklan (product/message thought), pemikiran tentang sumber iklan (source oriented thought), dan pemikiran tentang eksekusi iklan (advertisement execution thought). Respon konsumen terhadap hal-hal tersebut akan mempengaruhi sikap konsumen terhadap iklan, apakah konsumen menyukai atau tidak menyukai iklan tersebut. Sikap terhadap iklan sangat bermanfaat untuk mengetahui efektivitas sebuah iklan, apakah dapat menimbulkan sikap terhadap merek dan hasrat atau keinginan membeli.
Penelitian ini menggunakan beberapa metode analisis yang terdiri dari analisis descriptive statistics, frekuensi, dan korelasi. Hasil analisis descriptive statistics menunjukkan bahwa responden memiliki sikap yang positif terhadap iklan Djarum Coklat (3,6203) dan setuju bahwa Djarum Coklat memiliki reputasi merek yang baik. Analisis frekuensi menunjukkan 52,5% responden memiliki hasrat atau keinginan membeli setelah penayangan iklan dan analisis korelasi menunjukkan korelasi yang positif dan signifikan antara sikap terhadap iklan Djarum Coklat dengan hasrat atau keinginan membeli 0,339 dengan tingkat kepercayaan 99%.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | Polban |
Nama Kontak | Helmi Purwanti |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | helmi.purwanti@polban.ac.id |
E-mail CKO | helmi.purwanti@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing : Iwan Mulyawan, MBA, Editor:
Download...
File : 7-2004-PM.pdf
(654937 bytes)