Path: Top > Tugas Akhir - D3 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2006

PERANCANGAN DAN PEMBUATAN SISTEM PENYIMPANAN ARSIP DI BAGIAN LEGAL PT TELKOMSEL BANDUNG

10 / 2006 / AB
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2015-11-18 09:21:37
Oleh : Yusi Fauziah Sri Budiarto (03701058), Polban
Dibuat : 2006-09-26, dengan 1 file

Keyword : Arsip, Sistem Penyimpanan

ABSTRAK




Arsip merupakan salah satu sumber data dan informasi dari suatu perusahaan. Dengan arsip yang lengkap maka dapat membantu perusahaan untuk membuat keputusan yang berhubungan dengan perusahaan maupun untuk memberikan pelayanan terhadap pelanggan dalam menyediakan informasi. Untuk mencapai tujuan perusahaan tersebut maka diperlukan perancangan sistem kearsipan yang tepat dan sesuai. Rancangan ini ditujukan untuk membuat sistem kearsipan, menentukan peralatan dan perlengkapan yang digunakan serta membuat prosedur penyimpanan dan penemuan arsip. Sebelum membuat rancangan sistem penyimpanan arsip, langkah awal yang dilakukan penulis ada 2 (dua) yaitu observasi dengan cara mengamati prosedur penyimpanan arsip yang ada di Bagian Legal dan studi masalah dilakukan dengan cara mendiskusikan masalah-masalah kearsipan yang timbul akibat dari sistem penyimpanan arsip yang digunakan. Hasil dari rancangan ini adalah sistem penyimpanan arsip yang menggunakan sistem gabungan antara sistem subjek, sistem abjad dan sistem kronologis. Peralatan dan perlengkapan yang digunakan meliputi lemari arsip, pelubang kertas, dan stapler, sedangkan perlengkapan yang digunakan dalam kegiatan penanganan arsip yaitu map ordner, penyekat, kode arsip, dan buku agenda surat. Prosedur penyimpanan yang meliputi pengumpulan, pemeriksaan, penentuan kata tangkap, pemberian kode, penyortiran dan penyimpanan arsip pada map ordner yang selanjutnya disimpan pada lemari arsip dan prosedur penemuan meliputi permintaan arsip, penentuan kata tangkap, penentuan kode berdasarkan daftar klasifikasi indeks dan pencarian arsip berdasarkan kode arsip. Uji coba hasil rancangan sistem penyimpanan arsip telah dilakukan dan dari penelitian didapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan sistem penyimpanan arsip dengan kelancaran kerja, khususnya bagi pegawai yang ada di Bagian Legal dan pegawai-pegawai lain pada umumnya.

Deskripsi Alternatif :

ABSTRAK




Arsip merupakan salah satu sumber data dan informasi dari suatu perusahaan. Dengan arsip yang lengkap maka dapat membantu perusahaan untuk membuat keputusan yang berhubungan dengan perusahaan maupun untuk memberikan pelayanan terhadap pelanggan dalam menyediakan informasi. Untuk mencapai tujuan perusahaan tersebut maka diperlukan perancangan sistem kearsipan yang tepat dan sesuai. Rancangan ini ditujukan untuk membuat sistem kearsipan, menentukan peralatan dan perlengkapan yang digunakan serta membuat prosedur penyimpanan dan penemuan arsip. Sebelum membuat rancangan sistem penyimpanan arsip, langkah awal yang dilakukan penulis ada 2 (dua) yaitu observasi dengan cara mengamati prosedur penyimpanan arsip yang ada di Bagian Legal dan studi masalah dilakukan dengan cara mendiskusikan masalah-masalah kearsipan yang timbul akibat dari sistem penyimpanan arsip yang digunakan. Hasil dari rancangan ini adalah sistem penyimpanan arsip yang menggunakan sistem gabungan antara sistem subjek, sistem abjad dan sistem kronologis. Peralatan dan perlengkapan yang digunakan meliputi lemari arsip, pelubang kertas, dan stapler, sedangkan perlengkapan yang digunakan dalam kegiatan penanganan arsip yaitu map ordner, penyekat, kode arsip, dan buku agenda surat. Prosedur penyimpanan yang meliputi pengumpulan, pemeriksaan, penentuan kata tangkap, pemberian kode, penyortiran dan penyimpanan arsip pada map ordner yang selanjutnya disimpan pada lemari arsip dan prosedur penemuan meliputi permintaan arsip, penentuan kata tangkap, penentuan kode berdasarkan daftar klasifikasi indeks dan pencarian arsip berdasarkan kode arsip. Uji coba hasil rancangan sistem penyimpanan arsip telah dilakukan dan dari penelitian didapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan sistem penyimpanan arsip dengan kelancaran kerja, khususnya bagi pegawai yang ada di Bagian Legal dan pegawai-pegawai lain pada umumnya.

Beri Komentar ?#(16724) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
OrganisasiPolban
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Ma'mun Sutisna, M.Pd, Editor:

Download...