Path: Top > Tugas Akhir - D3 > Jurusan Teknik Mesin > Program Studi Teknik Aeronautika > 2016

Integrasi Motor Listrik Dengan EDP Untuk Menggerakkan Sistem Roda Pendarat Grand Commander 680FL

Electrical Motor and EDP Integration for Driving Grand Commander 680FL Landing Gear System

Tugas Akhir , 005 / 2016 / AER
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2017-08-04 11:43:29
Oleh : Sandi Handiki Akbar - 131221022 (sandihandikia@gmail.com)
Dibuat : 2017-08-04, dengan 4 file

Keyword : Landing Gear, Motor Listrik , Engine Driven Pump , Puli, sabuk
Subjek : Ele ctric Motor, Engine Driven Pump, Pulley, Belt

Tugas Akhir (TA) ini, merupakan lanjutan dari TA yang telah dibuat oleh Harvi Fahmi dan Nofial (2012) dengan judul “Integrasi Roda Pendarat Depan dan Roda Pendarat Utama Pada Pesawat Grand Commander 680 FL”. Pada Laporan TA mereka ini Sistem Roda Pendarat Depan dan Roda Pendarat Belakang Pesawat Grand Commander 680 FL yang dimiliki Program Studi Teknik Aeronautika - Jurusan Teknik Mesin - Politeknik Negeri Bandung (PSTA-JTM-POLBAN) dilaporkan telah dapat berfungsi/beroperasi dengan baik, namun dengan sistem penggerak dan pengendali berada di luar pesawat karena menggunakan tenaga penggerak hidrolik luar (external power pack) berupa pompa hidrolik yang digerakan oleh motor listrik yang ditempatkan diluar pesawat. Pada TA ini Penulis bersama dua rekan penulis (Bilal dan Hiban) mencoba melakukan pengaktifan kembali Sistem Roda Pendarat Pesawat Grand Commander 680 FL sebagaimana dimaksud diatas dengan menggunakan/memanfaatkan komponen yang ada di pesawat sehingga sistem roda pendarat dapat difungsikan kembali melalui kendali dari dalam cockpit. Khusus pada Tugas Akhir ini penulis mengambil fokus pada pengaktifan kembali sistem penggerak hidrolik (external power pack) tetapi yang digunakan hanya motor listrik dengan menambahkan kontrol listrik seperti Mini Circuit Braker (MCB), Kontaktor dan Push Button yang di integrasikan dengan Engine Driven Pump (EDP) menggunakan puli dan sabuk. Kedua rekan penulis yang lain fokus pada pengaktifan sistem kendali (Bilal) dan pengaktifan sistem hidrolik (Hiban). Penyelesaian Tugas Akhir ini menggunakan metode analisis dan eksperimental yang didukung dengan tahapan pelaksanaan seperti tahapan studi literatur, tahapan obervasi dan studi banding, tahapan evaluasi hasil observasi, tahapan perbaikan dan perawatan motor listrik, tahapan integrasi motor listrik dengan EDP dan tahapan pengujian. Dari pelaksanaan TA ini Sistem Roda Pendarat Pesawat Grand Commander 680 FL yang dimiliki PSTA-JTM-POLBAN telah dapat berhasil diaktifkan kembali dengan memanfaatkan komponen yang ada dipesawat yaitu engine driven pump (EDP) dengan penggerak motor listrik yang ditempatkan didalam kabin bagasi pesawat dan dikontrol/dikendalikan dari dalam cockpit. Dengan demikian hasil TA ini dapat dimanfaatkan sebagai alat praktik pada perkuliahan Sistem Pesawat Udara khususnya dan Teknik Perawatan Pesawat Udara umumnya, sebagaimana yang menjadi tujuan dibuatnya TA ini.

Deskripsi Alternatif :

This Final Project, is a continuation of the Final Project have been made by Harvi Fahmi and Nofial (2012) entitled "Integration of Nose and Main Landing Gear sistem on Grand Commander 680 FL Aircraft ". In the final project they have landing Gear Front and Main wheel landing gear Grand Commander 680 FL owned Engineering Program Aeronautics - Department of Mechanical Engineering - Polytechnic of Bandung (PSTA-JTM-POLBAN) reported to have been able to function / operate well, but with drive sistems and controllers out of the plane because it uses hydraulic drive pump outside (external power pack) in the form of a hydraulic pump driven by an electric motor which is placed outside the aircraft. This final project author and two partner (Bilal and Hiban) tried to do reactivation Landing Gear Grand Commander 680 FL Aircraft as mentioned above by using / utilizing existing components in the aircraft so that the landing gear sistem can be used again through the control of the cockpit. Especially on this final project focuses on the re-activation of the sistem hydraulic drive (external power pack) but used only the electric motor by adding electrical control such as Mini Circuit Braker (MCB), Contactor and Push Button are integrated with Engine Driven Pump (EDP ) using pulleys and belts. Both author team others focus on the activation of the control sistem (Bilal) and the activation of the hydraulic sistem (Hiban). Completion of this final project and experimental analysis method that is supported by the implementation stages such as the stage of the study of literature, stage of observation and study, the evaluation of observation results, the stage of repair and maintenance of electric motors, stages of electric motor with EDP integration and testing. From the implementation of this Final Project, the Landing Gear System of Grand Commander 680 FL owned PSTA-JTM-POLBAN has been able to be successfully reactivated by utilizing the existing components on board of Grand Commander 680FL that is engine driven pump (EDP) driven by an electric motor that is placed inside the baggage cabin on aircraft and controlled from the cockpit. The results of this Final Project is expected to be used as a practical tool in Aircraft System course in particular and Aircraft Maintenance Engineering in general, as being the purpose of this Final Project.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : Nur Rachmat, Dipl.Ing.,M.Sc, Editor: Muhammad Abdillah Islamy, S.Pd

Download...