Path: Top > Tugas Akhir - D3 > Jurusan Teknik Mesin > Program Studi Teknik Aeronautika > 2012

SISTEM KENDALI PADA RANCANG BANGUN MODEL SIMULATOR SISTEM AUTOPILOT SUMBU LATERAL

Control System on Design and Manufacturing of Simulator Model of Autopilot System for Lateral Axis

Tugas Akhir, 024 / 2012 / AER
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2015-11-18 09:21:45
Oleh : Satria Laksana Anugrah - 091221027
Dibuat : 2013-04-11, dengan 4 file

Keyword : simulator sistem autopilot, sumbu lateral
Subjek : autopilot simulator system, lateral axis

Salah satu sistem yang penting dalam pesawat adalah sistem autopilot, dimana sistem ini bertujuan untuk meringankan pekerjaan pilot dalam mengendalikan pesawat terbang terutama untuk penerbangan jarak jauh. Dengan ringannya pekerjaan pilot tersebut, diharapkan keselamatan dapat ditingkatkan. Mengingat akan pentingnya sistem ini, oleh karena itu penulis memilih topik simulator sistem autopilot ini sebagai topik dalam tugas akhir, dengan tujuan dapat menjadi alat bantu pembelajaran sistem autopilot sehingga mahasiswa dapat lebih mudah dalam memahami sistem ini. Dalam tugas akhir ini, dibuat sebuah pesawat model yang diujikan pada sebuah terowongan angin. Pesawat model dibuat agar dapat melakukan pitch up, dan pitch down sesuai perintah dengan bidang kendali stabilator. Konstruksi model pesawat terbuat dari bahan triplek, sedangkan stabilator terbuat dari bahan kayu balsa. Model pesawat tersebut dikendalikan oleh sebuah sistem kendali lup tertutup. Dimana sistem kendali yang dibuat merupakan seperangkat rangkaian elektronika analog tanpa driver mikrokontroler dan software apapun. Hasil pengujian menunjukkan pesawat model dapat mulai bergerak pada kecepatan angin 3,11 m/s. Sistem kendali pada simulator sistem autopilot sudah dapat bekerja dengan baik. Pergerakan pitch up dan pitch down pesawat model dapat bekerja pada suatu perintah, namun belum bisa bekerja pada perintah-perintah yang spesifik. Pesawat model tidak dapat bergerak pada putaran knob command device yang kecil, melainkan hanya dapat diperintahkan pada putaran knob command device yang besar, karena comparator yang digunakan hanya membandingkan tegangan dari command element dan sensor. Sedangkan tegangan yang dihasilkan dari command element harus besar (karena pengaruh faktor mekanik), yang artinya tegangan yang dihasilkan feedback dari sensorpun harus besar pula. Hal inilah yang menyebabkan sudut pitch pesawat model yang dihasilkan besar.

Deskripsi Alternatif :

One of the important system in aircraft is autopilot system, where the purpose of this system is to reduce pilot’s job in controlling an aircraft exactly in long duration flight. In reducing of this pilot’s job, it is expected that safety will be improved. Considering of this system importance, therefore writer chooses this topic as a topic of final project in order to be assist device in learning process of autopilot system so that students can be easier to learn this system.


In this final project, writer made a model of aircraft which was tested in wind tunnel. Model of aircraft was made in order to move pitch up and pitch down in command with stabilator as control surface. It was made of plywood, while stabilator was made of balsa wood. It was controlled by a close loop control system. Where this control system was a set of analog electronic circuit without microcontroller driver and others software.


The result of the test showed model of aircraft could move in 3,11 m/s airspeed. Control system on simulator of autopilot had worked in a command well, but had not worked in a specific command. Model of aircraft couldn’t move in a small command device knob round, however it just could move in a large command device knob round, because comparator that is used just compare voltage on command element and sensor. While voltage on command element must be large (because of mechanical factor), it means feedback voltage on sensor also must be large. It made pitch angle of aircraft is high.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing 1: Teguh Wibowo, Dipl. Ing., MT.


    Pembimbing 2: Ir. Sentot Purbadi , Editor: Erlin Arvelina

Download...