Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2018

Pembuatan Standard Operating Procedure (SOP) Penerimaan Klien Baru Pada Biro Psikologi EDUfa Counseling, Bandung

Making Standard Operating Procedure In The Acceptance of New Clients on Biro Psikologi EDUfa Counseling, Bandung

Tugas Akhir, 056 / 2018 / ABS
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2018-11-28 11:56:11
Oleh : Sofia Nur Rasyidah - 155211063 (sofia.rasyidah.sr@gmail.com)
Dibuat : 2018-11-28, dengan 4 file

Keyword : Buku Panduan SOP, Penerimaan Klien, Standard Operating Procedure (SOP)
Subjek : Client Acceptance, Standard Operating Procedure (SOP), The Manual Book of Standard Operating Procedure (SOP)

Perusahaan merupakan bentuk pencapaian tujuan dan susunan kegiatan dari suatu sistem yang dikelola secara berkelompok. Dalam pengelolaan kegiatan organisasi, perusahaan perlu memiliki prosedur kerja yang dibuat secara tertulis atau dapat disebut sebagai Standard Operating Procedure (SOP). SOP memberikan penjelasan secara detail tentang proses kerja oleh perusahaan yang dilakukan secara rutin dan terarah sesuai dengan peraturan yang berlaku. Biro Psikologi EDUfa Counseling merupakan salah satu perusahaan yang berfokus kepada pengembangan sumber daya manusia berupa pemberian jasa psikologis yang meliputi tes psikologi, asesmen dan konseling. Dalam kegiatan penerimaan klien, EDUfa sudah memiliki prosedur yang baik, namun prosedur tersebut belum tersusun secara tertulis. Penggunaan SOP dalam penerimaan klien sangat dibutuhkan untuk menunjang kegiatan perusahaan supaya lebih optimal. Rancangan SOP penerimaan klien meliputi tujuan, ketentuan, narasi prosedur, diagram alir (flowchart), serta formulir yang menunjang pelaksanaan prosedur kerja. SOP dari penerimaan klien dibagi ke dalam tiga prosedur yaitu prosedur administrasi penerimaan klien, pelayanan klien kategori dewasa dan pelayanan klien kategori anak. Hasil akhir dari rancangan SOP penerimaan klien adalah buku panduan SOP yang berisi hal-hal yang harus dilakukan atau berkaitan dengan tata cara penggunaan SOP. Buku panduan SOP penerimaan klien digunakan untuk mempermudah pemahaman dalam proses penanganan penerimaan klien pada Biro Psikologi EDUfa Counseling. Kata kunci: Buku Panduan SOP, Penerimaan Klien, Standard Operating Procedure (SOP).

Deskripsi Alternatif :

The company is a form of achieving the objectives and the arrangement of activities of a system managed by a group of people. In managing of organizational activites, the companies need to have the written procedures or it can be called Standard Operating Procedure (SOP). SOP explains all the detail about working process routine and it directed by accordance with the rules that apply in the company. Biro Psikologi EDUfa Counseling is one of the service company in focusing on human recources development in the form of psychologist sevices for example psychological tests, assessment dan counseling. In the activities of client acceptance, EDUfa has already have a good procedure, but the procedure they had, has not been arranged in writting procedure. The use of SOP in the acceptance of clients is needed to support the company's activities to be more optimal. The SOP design of client acceptance includes the objectives of SOP, narrative procedure, flowchart and forms that support the implementation of working procedure. The SOP of client acceptance is divided into three procedures, first is the administrative procedure of client acceptance, the procedure of adult client service category and the procedure of children client service category. The final outcome of the client acceptance plan design is the Standard Operating Procedur handbook which contains the things that must be done or related to the usage procedures. The SOP of dlient acceptance handbook manual is used to facilitate the understanding process of handling client of Biro Psikologi EDUfa Counseling, Bandung. Keywords: Client Acceptance, Standard Operating Procedure (SOP), The Manual Book of Standard Operating Procedure (SOP).

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Drs. Mukaram, S.E., M.Ed.M., Editor: Erlin Arvelina

Download...