Path: Top > Journal Politeknik Negeri Bandung > UP. MKU > SIGMA-MU > Volume 2 Nomor 2 September 2010

Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pokok Bahasan Gerak Rotasi untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa

Guidance Inquiry Learning Modelling subject Rotation Movement For Improving critical Thingking Skill Student

Journal from JBPTPPOLBAN / 2012-03-14 09:41:57
Oleh : Sri Suratmi
Dibuat : 2012-03-14, dengan 1 file

Keyword : Eksperimen semu, inkuiri, pretes, postes, gain

Hasil proses pembelajaran fisika terapan yang belum optimal memerlukan perubahan dalam proses pembelajarannya sehingga perlu dilakukan penelitian model pembelajaran inkuiri terbimbing pokok bahasan gerak rotasi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada mahasiswa. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen semu, sampel yang digunakan adalah sampling pertimbangan (sampling purposif) yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Instrumen penelitian terdiri ats soal pretes dan postes, kuisioner, observasi dan wawancara. Penelitian dihasilkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing pokok bahasan gerak rotasi dapat meningkatkan berpikir kritis pada mahasiswa. Hal ini dibuktikan dengan perolehan skor Gain indikator berpikir kritis untuk kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, yaitu 45,17 % untuk kelas eksperimen dan hanya 29,46 % untuk kelas kontrol. Uji t-tes terhadap model inkuiri terbimbing pokok bahasan gerak rotasi menunjukkan diterima sebagai model yang dapat meningkatkan pemahaman berpikir kritis kepada mahasiswa. Hal ini didukung pula oleh jawaban kuisioner, komentar observator dan hasil wawancara, yang secara menyeluruh menunjukan adanya peningkatan berpikir kritis pada mahasiswa.

Deskripsi Alternatif :

The result of process physic-applied learning is not optimal. It needs a changing in learning process. The aim of this study is to increase the critical thinking for the students with an inquiry-learning guide model for rotation move material. This research used quasi experiment method that using sampling purposive for control class and experiment class. Research instruments were pretest, posttest, questioner, observation, and interview. The result showed that an inquiry-learning guide model can increase the critical thinking for the student, with average gain test score experiment (45,17%) was more than gain score control class (29,46%). T-test showed that an inquiry-learning guide model data for rotation move material increase the critical thinking for the student. This analysis supported by interview and observation results that given an inquiry-learning guide model for rotation move material increase the critical thinking for the student.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id