Path: Top > Skripsi - D4 > 2017 > Jurusan Teknik Sipil > Program Studi Teknik Perancangan Jalan & Jembatan > 2017

Perancangan Struktur Bawah Pier Dan Abutment Jembatan Cibuni, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat

Design Of Substructure Pier And Abutment Cibuni Bridge, Sukabumi Regency, West Java

Tugas Akhir, 033 / 2017 / TPJJ
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2018-09-03 15:05:27
Oleh : Todo Martua Butarbutar - 121134030 (todo.martua.tpjj12@polban.ac.id)
Dibuat : 2018-03-01, dengan 4 file

Keyword : perancangan jembatan, gelagar komposit, struktur bawah
Subjek : bridge design, composite girder, sub structure

Jalan Baros-Cibuni merupakan jalan yang terletak di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Jalan ini merupakan jalan yang menghubungkan desa Segaranten di wilayah barat dengan Kabupaten Cianjur di wilayah timur. Pada jalan Baros-Cibuni terdapat Jembatan Cibuni yang digunakan untuk menghubungkan jalan melewati Sungai Cibuni. Kondisi Jembatan Cibuni yang sudah mengalami kerusakan, sehingga untuk menghindari terputusnya akses diperlukan jembatan pengganti. Jembatan Cibuni dengan gelagar baja komposit direncanakan untuk menggantikan jembatan eksisting Cibuni. Perancangan Jembatan Cibuni diawali beberapa survei ke lokasi dan beberapa pengujian. Survei yang dilakukan adalah survei topografi dan survei lalu lintas. Pengujian terakhir adalah uji sondir dan uji SPT untuk mengetahui data dukung tanah. Survei dan pengujian ini dilakukan untuk mendapatkan data yang dibutuhkan dalam tahapan analisa jembatan. Tahapan analisa pertama adalah analisa topografi untuk menentukan posisi jembatan dan panjang bentang jembatan.. Analisa selanjutnya adalah analisa hidrologi dan hidrolika, kedua analisa ini dilakukan untuk menentukan elevasi jembatan. Tahap berikutnya adalah analisa lalu lintas, analisa ini dilakukan untuk menentukan kelas jembatan. Selanjutnya adalah analisa struktur atas, analisa meliputi sandaran jembatan, lantai kendaraan, gelagar baja komposit, penghubung geser, dan sambungan antar gelagar. Tahap selanjutnya adalah analisa struktur bawah. Analisa ini diawali dengan pemilihan tipe struktur bawah dan menentukan daya dukung struktur bawah. Tahapan terkahir adalah analisa biaya, dengan yang diawali dengan menentukan metode pelaksanaan yang sesuai, lalu dilanjutkan dengan perhitungan biaya pekerjaan dengan metode tersebut. Hasil akhir dari seluruh analisa adalah gambar konstruksi, metode konstruksi dan estimasi biaya untuk struktur bawah. Kata kunci: perancangan jembatan, gelagar komposit, struktur bawah.

Deskripsi Alternatif :

Baros-Cibuni road is a road which is located at Sukabumi Regency,West Java.The road itself connect Segaranten Village at west region and Cianjur Regency at east region. At the middle of the road, there is a Cibuni Bridge that is used to connect the road which cross Cirende River. The condition of Gunung Bentang Bailey Bridge is pretty serious in damage, so a substitute bridge is needed to prevent the dead access. Cibuni Bridge with a composite steel girder is designed to replace the existing Cibuni Bridge. The design is started with a few survey within the location along with a few test. The survey consist of topography and traffic survey. The last testing is cone penetration test and standard penetration test, this test to determine the bering capacity of soil. Those surveys and test are necessary to obtain the needed data for further phase which is bridge analyzing. The first step of bridge analyzing is topographical analyze to appraise the actual length and position of the bridge. The next analyzing step is hydrological and hydrolical analyzing, which both are needed to obtain the bridge elevation. The next step is traffic analyzing, which is conducted to classify the bridge class. Next step is super structure analyzing which is consist of parapet, floor, composite steel girder, and shear connector. Further step is analyzing the sub structure of the bridge. The first step is choosing the sub structural type and determining the bearing capacity of it. The last step is cost analyzing, with the starting phase of determining the matching construction method, and continued by construction cost using that method. The final result of all analyzing are construction drawing, construction method and cost estimation for the substructure Keywords: bridge design, composite girder, sub structure.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing 1: Drs. Mujiman, S.T., M.T.


    Pembimbing 2: Agus Suyono, S.T., M.T., Editor: Erlin Arvelina

Download...