Path: Top > Karya Tulis Ilmiah Tenaga Pendidik POLBAN di Terbitan Institusi Lain > Yackob Astor

Membangun Definisi Kadaster Kelautan untuk Indonesia sebagai Negara Kepulauan

Proceeding from JBPTPPOLBAN / 2018-03-13 07:40:02
Oleh : Yackob Astor ; Widyo Nugroho Sulasdi ; Hendriatiningsih ; Dwi Wisayantono (yackobastor@polban.ac.id)
Dibuat : 2018-03-13, dengan 1 file

Keyword : kadaster kelautan, negara kepulauan, karakteristik NKRI, teori sistem

Penyelenggaraan pengelolaan wilayah pesisir dan laut di Indonesia sangat dipengaruhi oleh sistem otonomi daerah, sistem sektoral maupun sistem adat, kondisi ini merupakan salah satu implikasi Indonesia sebagai negara kepulauan. Membahas mengenai pengelolaan sumber daya pesisir dan laut di Indonesia, langkah awal yang digunakan di dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan komparasi pengelolaan sumber daya pesisir dan laut di beberapa negara maju seperti Australia, Kanada dan Amerika melalui definisi kadaster kelautan (marine cadastre) yang ada di ketiga negara non-kepulauan tersebut. Secara garis besar kadaster kelautan berkaitan dengan bagaimana suatu negara, khususnya Indonesia sebagai negara kepulauan dalam mengelola dan mengatur sumber daya pesisir dan laut. Kondisi inilah yang menyebabkan definisi-definisi kadaster kelautan dari negara-negara non-kepulauan seperti Amerika, Kanada dan Australia tidak dapat diterapkan di wilayah pesisir dan laut di Indonesia. Penelitian ini akan merumuskan definisi kadaster kelautan dalam perspektif NKRI sebagai negara kepulauan.
Definisi kadaster kelautan untuk Indonesia dibangun menggunakan kerangka sintesis unsur-unsur definisi kadaster kelautan dari Australia, Kanada dan Amerika, ditambah unsur-unsur karakteristik NKRI sebagai negara kepulauan, dan pendekatan teori sistem. Secara keilmuan penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan ilmu dan teknologi kelautan melalui definisi kadaster kelautan untuk Indonesia sebagai instrumen untuk membangun pola penyelenggaraan kadaster kelautan di Indonesia dalam perspektif Indonesia sebagai negara kepulauan.
Definsi kadaster kelautan untuk Indonesia adalah operasional sistem kompleks dan dinamik dalam pengelolaan sumber daya wilayah pesisir dan laut dalam lingkup penetapan batas laut wilayah (restriction), batas kewenangan (right/ izin dan responsibility), yang membentuk keterpaduan antara wilayah administrasi skala nasional, skala provinsi, dan skala kabupaten/kota dengan memperhatikan keberadaan masyarakat adat, serta keharmonisan dan sinergi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Definisi kadaster kelautan untuk Indonesia dirumuskan dalam bentuk kata kerja (bukan sebagai kata benda seperti beberapa negara lain) sebagai tindakan aktif/ operasional untuk Penyelenggaraan Kelautan Indonesia pada UU RI No.32 Tahun 2014 tentang Kelautan.

Deskripsi Alternatif :

.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor: Idayu Gemalia

Download...