Path: Top > Karya Tulis Ilmiah Tenaga Pendidik POLBAN di Terbitan Institusi Lain > Yackob Astor

Membangun Kadaster Kelautan untuk Mewujudkan Pemerintahan di Laut

Seminar Nasional Perikanan dan Kelautan, 17 Mei 2016. ISBN 978-602-94644-0-5
Proceeding from JBPTPPOLBAN / 2018-03-13 07:45:09
Oleh : Yackob Astor (yackobastor@polban.ac.id)
Dibuat : 2018-03-13, dengan 1 file

Keyword : karakteristik NKRI, definisi kadaster kelautan, pemerintahan di laut

Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki wilayah laut yang lebih luas dari wilayah darat, 13.466 pulau dan garis pantai sepanjang 99.093 km (Badan Informasi Geospasial, 2013) menjadikan Indonesia memiliki sumber daya alam laut yang lebih banyak dibandingkan dengan sumber daya alam di darat. Kondisi potensi sumber daya laut ini dipandang sebagai peluang Indonesia sebagai negara berkembang untuk membangun keunggulan di bidang pesisir dan kelautan. Namun selama 71 tahun bangsa ini merdeka, sektor kelautan ternyata belum dapat menunjukkan sebagai sektor yang dapat diunggulkan oleh bangsa dan diandalkan oleh rakyat Indonesia. Permasalahan yang timbul di Indonesia sebagai negara kepulauan yang multikultural tidak terlepas dari konflik penyelenggaraan pengelolaan pesisir dan laut antar sektor, antara pusat dan daerah, antar pemerintah daerah, dan antar pemangku kepentingan. Penyelenggaraan pengelolaan kelautan melalui definisi kadaster kelautan telah ada di negara-negara maju non-kepulauan seperti Australia, Kanada, dan Amerika, sedangkan Indonesia belum memiliki definisi kadaster kelautan dan model penyelenggaraan kadaster kelautan yang sesuai dengan karakteristik Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai negara kepulauan. Maka perlu dibangun pola penyelenggaraan kadaster kelautan di Indonesia dalam perspektif Indonesia sebagai negara kepulauan.
Pola penyelenggaraan kadaster kelautan di Indonesia dibangun melalui Kajian definisi-definisi kadaster kelautan dari negara-negara non-kepulauan; Membangun definisi kadaster kelautan untuk Indonesia sebagai negara kepulauan; Membangun model pola penyelenggaraan kadaster kelautan di Indonesia sebagai negara kepulauan.
Produk penelitian ini diperoleh Definisi kadaster kelautan untuk Indonesia sebagai wujud kedaulatan ilmu, pengetahuan dan teknologi dalam merumuskan definisi kadaster kelautan yang sesuai dengan karakteristik NKRI sebagai negara kepulauan, dan Model pola penyelenggaraan kadaster kelautan di Indonesia sebagai acuan dasar perumusan kebijakan pemerintah dalam mewujudkan pemerintahan di laut.

Deskripsi Alternatif :

.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor: Idayu Gemalia

Download...