Path: Top > Karya Tulis Ilmiah Tenaga Pendidik POLBAN di Terbitan Institusi Lain > Yackob Astor

Membangun Peta Kadaster Kelautan untuk Mewujudkan Pembangunan Kelautan Nasional

Proceeding from JBPTPPOLBAN / 2018-03-13 07:48:08
Oleh : Yackob Astor (yackobastor@polban.ac.id)
Dibuat : 2018-03-13, dengan 1 file

Keyword : kadaster kelautan, permukaan laut, kolom laut, dasar laut

Sistem pemerintahan dan manajemen pembangunan yang diterapkan di Indonesia selama ini masih berbasis pada daratan. Fokus pembangunan di kelautan sejak tahun 2001 masih diberikan pada sektor perikanan saja, sehingga pembangunan kelautan secara utuh sebagai penghubung antar pulau dan sumberdaya non-hayati yang sangat potensial masih sangat tertinggal (Oetomo, 2015). Pembangunan Kelautan merupakan bagian dari pembangunan nasional untuk mewujudkan Indonesia menjadi negara kepulauan yang mandiri, maju, kuat, dan berbasiskan kepentingan nasional. Konsep Pembangunan Kelautan pada UU RI No 32 Tahun 2014 dapat dijalankan melalui penyelenggaraan kadaster kelautan.
Definisi kadaster kelautan untuk Indonesia sebagai negara kepulauan adalah operasional sistem kompleks dan dinamik dalam pengelolaan sumber daya wilayah pesisir dan laut dalam lingkup penetapan batas laut wilayah (restriction), batas kewenangan (right/izin dan responsibility), yang membentuk keterpaduan antara wilayah administrasi skala nasional, skala provinsi, dan skala kabupaten/kota dengan memperhatikan keberadaan masyarakat adat, serta keharmonisan dan sinergi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah (Astor, 2016). Penyelenggaraan kadaster kelautan dimulai dari pembuatan Peta Kadaster Kelautan Indonesia sebagai peta tunggal di dalam penyelenggaraan pengelolaan sumber daya kelautan.
Peta kadaster kelautan dapat dijadikan sebagai acuan bersama oleh pemerintah pusat (kementerian), pemerintah daerah (provinsi dan kabupaten/kota), swasta maupun masyarakat hukum adat di dalam menentukan lokasi beserta batas-batas suatu kegiatan pengelolaan sumber daya kelautan. Di dalam peta kadaster kelautan terdapat unsur right/izin, restriction dan responsibility yang dapat dijadikan sebagai dasar untuk menerbitkan Izin Lokasi dan Izin Pengelolaan kegiatan di permukaan laut, kolom laut dan dasar laut yang diterbitkan oleh pemerintah dan pemerintah daerah.

Deskripsi Alternatif :

.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor: Idayu Gemalia

Download...