Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Manajemen Pemasaran > 2018

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah (Studi: Wanita Karir Pengguna Wardah di Bandung)

Factors Affecting Cosmetic Purchase Decision in Wardah (Study: Wardah User Career Women in Bandung)

Tugas Akhir, 032 / 2018 / MPE
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2019-02-13 14:20:12
By : Yulyta Maulynawaty - 155231032 (yulytamaulynawaty@gmail.com)
Created : 2019-02-13, with 4 files

Keyword : Perilaku Konsumen, Kosmetik, Keputusan Pembelian
Subject : Consumer Behavior, Cosmetics, Purchase Decision

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang akan mempengaruhi keputusan pembelian, serta faktor yang paling dominan berpengaruh pada keputusan pembelian. Pada penelitian ini menggunakan beberapa variabel diantaranya faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, faktor psikologis, kualitas produk, harga, serta citra merek. Penelitian ini menggunakan sample wanita karir pengguna produk kosmetik Wardah yang berada di daerah Bandung. Sebelumnya penulis melakukan pretest untuk melakukan pengujian validitas serta reliabilitas seluruh dimensi yang digunakan. Kemudian selama 3 minggu kuesioner dapat terkumpul sebanyak 200 kuesioner serta dapat dilakukan pemrosesan menggunakan analisis deskriptif, korelasi bivariat, serta regresi berganda. Setelah dilakukan analisa tersebut terdapat 3 dimensi yang tidak valid diantaranya dimensi feature, kesesuaian harga dengan manfaat, serta daya saing harga, dan satu variabel yang tidak reliabel yakni faktor budaya. Kemudian diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa hanya variabel harga saja yang tidak memiliki hubungan dengan keputusan pembelian. Selain itu, 32,7% variabel dependen dapat dijelaskan melalui variabel independen yang digunakan. Serta variabel independen faktor sosial, faktor pribadi, kualitas produk, dan citra merek mempengaruhi secara positif serta signifikan pada keputusan pembelian konsumen Wardah. Melalui analisa juga diketahui faktor citra merek yang paling berhubungan dan memiliki nilai grand mean terendah diantara variabel lainnya saat dilakukan analisa deskriptif. Maka dari itu, penulis memfokuskan luaran pada meningkatkankan citra merek di benak konsumen dan mengajukan luaran berupa event seminar kecantikan Wardah. Diharapkan melalui event tersebut konsumen akan lebih percaya terhadap citra merek Wardah. Penulis membuatkan rancangan event tersebut seperti iklan yang akan digunakan, timeline schedule, dan lain-lain yang dibutuhkan selama event. Selain itu, seluruh rancangan yang diberikan akan ditampilkan dalam buku panduan pelaksanaan event. Kata Kunci: Perilaku Konsumen, Kosmetik, Keputusan Pembelian.

Description Alternative :

The study aims to determine the factors that will affect purchasing decisions, as well as the most dominant factor affecting purchasing decisions. In this study using several variables including cultural factors, social factors, personal factors, psychological factors, product quality, price, and brand image. This study uses a sample of women's career Wardah cosmetic product users who are in Bandung area. Previously the author conducted a pretest to perform validity testing and reliability of all dimensions used. Then for 3 weeks questionnaires can be collected as 200 questionnaires and can be done using descriptive analysis, bivariate correlation, and multiple regression. After the analysis, there are 3 invalid dimensions including feature dimension, price match with benefit, and price competitiveness, and one unreliable variable that is culture factor. Then obtained results indicate that only price variables that have no relationship with the purchase decision. In addition, 32,7% of dependent variables can be explained through the independent variables used. As well as independent variables of social factors, personal factors, product quality, and brand image affect positively and significantly on consumer purchasing decisions Wardah. Through analysis also known the most related brand image factor and has the lowest grand mean value among other variables when conducted descriptive analysis. Therefore, the author focuses on improving the image of the brand in the minds of consumers and make an outcome of Wardah beauty seminar event. It is expected that through the event consumers will be more confident in the Wardah brand image. The author makes the event design such as advertisements to be used, timeline schedule, and others required during the event. In addition, all the designs given will be displayed in the event handbook. Keywords: Consumer Behavior, Cosmetics, Purchase Decision.

Give Comment ?#(0) | Bookmark

PropertyValue
Publisher IDJBPTPPOLBAN
Organization
Contact NameHelmi Purwanti
AddressJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
CityBandung
RegionJawa Barat
CountryIndonesia
Phone022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
Administrator E-mailhelmi.purwanti@polban.ac.id
CKO E-mailhelmi.purwanti@polban.ac.id

Print ...

Contributor...

  • Pembimbing: Tjetjep Djatnika, S.E., MBA., Editor: Erlin Arvelina

Downnload...