Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2022
Analisis Pengaruh Voucher Diskon Shopeefood Terhadap Loyalitas Konsumen Shopeefood di Kota Bandung
Analysis of The Effect of Shopeefood Discount Vouchers on Shopeefood Consumer Loyalty in Bandung City
Tugas Akhir, 002 / 2022 / ABSUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2023-12-07 13:23:26
Oleh : 195211001 - Achmad Nur Ramdanni (achmad.nur.abs19@polban.ac.id)
Dibuat : 2023-12-07, dengan 4 file
Keyword : ShopeeFood, Voucher Diskon, Loyalitas Konsumen
Subjek : ShopeeFood, Discount Vouchers, Consumer Loyalty
Perkembangan bisnis mengubah kehidupan masyarakat menjadi lebih dinamis, cepat, dan selalu mengedepankan efisiensi dan efektifitas tinggi. Hal ini didukung dengan bertambahnya pengguna internet mengakibatkan perdagangan online di Indonesia semakin meningkat dan perkembangan e-commerce di semakin pesat. Hal ini dibuktikan dengan adanya fitur layanan terbaru dari Shopee yaitu ShopeeFood untuk mempermudah pembelian makanan atau minuman secara online. Fitur ini dilengkapi dengan voucher diskon yang membuat harga makanan atau minuman menjadi lebih murah daripada membeli langsung pada penjualnya. Hal ini dapat memberikan kesan positif dari masyarakat untuk selalu membeli makanan atau minuman menggunakan fitur ShopeeFood dan menjadi konsumen yang loyal pada perusahaan. Namun seiring berjalannya waktu, terjadi beberapa perubahan khususnya adanya penambahan harga dan pengurangan voucher diskon yang diberikan. Harga makanan atau minuman menjadi lebih mahal dapat mengakibatkan masyarakat tidak ingin menggunakan ShopeeFood lagi. Berdasarkan fenomena tersebut peneliti ingin mengetahui seberapa besar pengaruh voucher diskon ShopeeFood terhadap loyalitas konsumen ShopeeFood. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif yang diujikan pada 270 responden menggunakan aplikasi SPSS versi 23 dengan teknik nonprobability sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa voucher diskon masih di nilai baik oleh responden dengan dimensi frekuensi diskon menjadi penilaian tertinggi dan waktu pemberian diskon mendapatkan nilai terendah namun tetap dalam penilaian baik. Konsumen ShopeeFood masih loyal terhadap perusahaan dibuktikan dengan penilaian baik pada dimensi repeat purchase dan referall. Dimensi retention mendapatkan penilaian terendah namun masih dalam penilaian baik. Voucher diskon menunjukan hubungan yang kuat serta memiliki pengaruh sebesar 45% terhadap loyalitas konsumen dan sisanya adalah faktor lain.
Deskripsi Alternatif :Business development changes people's lives to become more dynamic, fast, and always prioritizes high efficiency and effectiveness. This is supported by the increase in internet users resulting in increasing online trade in Indonesia and the development of e-commerce in increasingly rapid. This is evidenced by the latest service feature from Shopee, namely ShopeeFood to make it easier to buy food or drinks online. This feature is equipped with discount vouchers that make the price of food or drinks cheaper than buying directly from the seller. This can give a positive impression from the public to always buy food or drinks using the ShopeeFood feature and become loyal consumers of the company. However, over time, there have been some changes, especially the addition of prices and a reduction in the discount vouchers given. The price of food or drinks becomes more expensive which can result in people not wanting to use ShopeeFood anymore. Based on this phenomenon, researchers want to know how much influence ShopeeFood discount vouchers have on ShopeeFood consumer loyalty. The research method used is a quantitative descriptive method which was tested on 270 respondents using the SPSS version 23 application with non-probability sampling technique. The results showed that the discount vouchers were still rated well by the respondents with the discount frequency dimension being the highest rating and the time of giving the discount getting the lowest value but still in a good assessment. ShopeeFood consumers are still loyal to the company as evidenced by good ratings on the repeat purchase and referral dimensions. The retention dimension gets the lowest rating but is still in a good rating. Discount vouchers show a strong relationship and have an influence of 45% on consumer loyalty and the rest are other factors..
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing : Dr. Drs. Mamun Sutisna, S.Sos., M.Pd, Editor: Wening PKL UPI
Download...
File : KELENGKAPAN TA - 195211001.pdf
(1129061 bytes)
File : BAB 1 - 195211001.pdf
(665477 bytes)
File : BAB 2 - 195211001.pdf
(248229 bytes)
File : BAB 5 - 195211001.pdf
(198740 bytes)