Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2022

Optimalisasi Penanganan Arsip Menggunakan Microsoft Excel dan Google Sheet di Unit Operasional Bank Woori Saudara KC Diponegoro

Optimization of Archives Handling Using Microsoft Excel and Google Sheet at The Operational Unit of Bank Woori Saudara KC Diponegoro

Tugas Akhir, 017 / 2022 / ABS
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2023-12-18 14:11:07
Oleh : 195211019 - NAIL MUTAZ RAFIQ (nail.mutaz.abs19@polban.ac.id)
Dibuat : 2023-12-18, dengan 4 file

Keyword : Penanganan Arsip, digitalisasi penyimpanan, Microsoft Excel, Google Spreadsheet
Subjek : Archives handling, storage digitization, Microsoft Excel, Google Spreadsheet

Salah satu bentuk olah data yang memuat informasi adalah catatan atau arsip dari kegiatan bisnis yang dijalankan. Arsip memiliki peran sebagai pusat ingatan, sumber informasi, dan alat pengawasan, sehingga penanganan kearsipan bagi suatu perusahaan memiliki urgensi yang tinggi untuk diperhatikan. Masih ditemukan kelemahan pada penanganan arsip yang dilakukan oleh Unit Operasional Bank Woori Saudara KC Diponegoro dimana hal tersebut berdampak pada penemuan kembali arsip yang menghabiskan waktu cukup lama dan pelayanan kepada pihak eksternal menjadi terhambat. Optimalisasi yang dilakukan disesuaikan dengan jenis arsip yang disimpan serta penanganan awal arsip tersebut. Proyek yang dilaksanakan bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang timbul sebelum adanya optimalisasi yang dilakukan. Tahapan pelaksanaan dimulai dengan menganalisis kebutuhan dari masing-masing penanganan arsip yang mencakup perlengkapan arsip dan rancangan kolom data untuk pembuatan tracker peminjaman pada google spreadsheet, serta digitalisasi penyimpanan arsip dengan menggunakan media Microsoft Excel. Kemudian dilanjutkan dengan pengaplikasian dari penambahan perlengkapan arsip, pengisian data pada masing-masing kolom yang telah dirancang, scanning dokumen, serta penambahan rumus dan penyesuaian pada tabel yang telah dibuat. Setelah dilakukan uji coba, terbukti bahwa lama waktu penemuan kembali arsip menjadi lebih singkat dan risiko hilang atau rusaknya arsip menjadi terminimalkan. Hasil dari pengerjaan proyek ini berupa penyimpanan arsip pada filing cabinet yang lebih rapi, spreadsheet tracker peminjaman arsip, serta file dalam bentuk Microsoft Excel yang memuat informasi terkait arsip tanda terima pengambilan jaminan serta lampiran dokumen yang menggunakan hyperlink pada arsip yang telah dipindai sebelumnya.

Deskripsi Alternatif :

One form of data processing that contains information is a record or archive of the business activities being carried out. Archives have a role as a memory center, a source of information, and a monitoring tool, so that the handling of archives for a company has a high urgency to pay attention to. There are still weaknesses in the handling of archives carried out by the Operational Unit of Bank Woori Saudara KC Diponegoro where this has an impact on the rediscovery of archives which takes a long time and services to external parties are hampered. The optimization carried out is adjusted to the type of archive stored and the initial handling of the archive. The project implemented aims to overcome problems that arise before any optimization is carried out. The implementation stage begins by analyzing the needs of each archive handling which includes archival equipment and data column design for making a loan tracker on google spreadsheets, as well as digitizing archive storage using Microsoft Excel media. Then proceed with the application of adding archival equipment, filling in data in each column that has been designed, scanning documents, as well as adding formulas and adjustments to the tables that have been made. After testing, it was proven that the recovery time for archives was shorter and the risk of lost or damaged archives was minimized. The results of this project work in the form of archive storage in a neater filing cabinet, a spreadsheet tracker for borrowing archives, as well as a file in Microsoft Excel that contains information regarding the archive of receipts for taking guarantees as well as document attachments using hyperlinks to previously scanned archives.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : Dra. Sholihati Amalia, S.Sos., M.Pd. , Editor: Sofia PKL UPI

Download...