Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2022

Efektivitas Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Indihome (Studi Akun Instagram @telkomjabar)

The Efectiveness of Instagram Social Media as A Promotional Media of Indihome (Study Of Instagram Account @telkomjabar)

Tugas Akhir, 021 / 2022 / ABS
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2023-12-18 14:29:52
Oleh : 195211023 - R. NURSHABRINA CHANTIKA BEBY K (r.nurshabrina.abs19@polban.ac.id)
Dibuat : 2023-12-18, dengan 4 file

Keyword : AIDA, Efektivitas Promosi, Instagram, Media sosial, Telkom Jabar
Subjek : AIDA, Instagram, Social Media, Promotion Effectiveness, Telkom Jabar

Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi pun semakin canggih. Apalagi dengan adanya sosial media di tengah-tengah masyarakat yang makin mempermudah komunikasi antar sesama karena bisa diakses kapanpun dan dimanapun. Sosial media sekarang tidak hanya digunakan untuk bersenang-senang saja karena sudah banyak dipakai untuk mempromosikan suatu bisnis. Salah satunya adalah Instagram, media sosial yang penggunanya selalu bertambah pesat setiap tahunnya. Salah satu perusahaan yang memanfaatkan media sosial Instagram adalah Telkom Jabar untuk mempromosikan produk unggulannya yaitu IndiHome. Masih banyak penduduk Jawa Barat yang belum mengetahui keberadaan akun Instagram tersebut. Telkom Jabar adalah Perusahaan BUMN yang bergerak di bidang jasa layanan teknologi informasi dan komunikasi dan jaringan telekomunikasi di Indonesia. Akun Instagram @telkomjabar memiliki 18.400 pengikut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas Instagram sebagai media promosi IndiHome yang ditinjau melalui dimensi AIDA (Attention, Interest, Desire, dan Action). Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif yang hasil analisisnya berupa perhitungan mean, standar deviasi, nilai minimum dan nilai maksimum. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan metode purposive sampling. Kriterianya adalah pengguna aktif Instagram, pengikut akun Instagram @telkomjabar dan pernah memberi tanda suka atau pernah meninggalkan komentar pada foto, reels maupun video yang diposting. Teknik pengumpulan data menggunakan google form dengan 100 orang responden. Kesimpulan penelitian ini adalah efektivitas media sosial Instagram sebagai media promosi IndiHome tergolong efektif. Dimensi yang memiliki nilai mean tertinggi adalah dimensi attention, sedangkan dimensi yang memiliki nilai mean terendah adalah dimensi action.

Deskripsi Alternatif :

As time goes by, technology is getting more sophisticated. Especially with the existence of social media in the midst of society which makes communication become easier because can accessed everytime and everywhere. Social media is not only used for fun because nowaday it’s used to promote a business. For example Instagram, a social media that growing rapidly every year. One company that use Instagram is Telkom Jabar to promote it’s top-tier product, IndiHome. A lot of people of West Java still don’t know the existence of their Instagram account. Telkom Jabar is a state-owned company engaged in information and communication technology services and telecommunications networks in Indonesia. Instagram account @telkomjabar has 18,400 followers. The purpose of this research is to find out how the effectiveness of Instagram as IndiHome promotional media reviewed through the AIDA dimension (Attention, Interest, Desire, and Action). This study uses a descriptive analysis method and the results are in the form of calculating the mean, standard deviation, minimum value and maximum value. The sampling method used in this research is non-probability sampling with purposive sampling method. The criteria are active Instagram users, followers of @telkomjabar Instagram account and have given likes or have left comments on photos, reels or videos posted. Data collection techniques using google form with 100 respondents. The conclusion of this study is the effectiveness of Instagram as a promotional media for IndiHome is effective. The dimension that has the highest mean value is attention, while the dimension that has the lowest mean value is action.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbng : Dra. Tintin Suhaeni, S.Sos., M.Si , Editor: Sofia PKL UPI

Download...