Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2022

Pembuatan Sistem Pengelolaan Surat Secara Elektronik Menggunakan Microsoft Access di CV Nugarada Abadi

Making Electronic Letter Management System Using Microsoft Access in CV Nugarada Abadi

Tugas Akhir, 038 / 2022 / ABS
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2023-12-19 15:30:58
Oleh : 195211042 - ERIC WAVIANDY (waviandyeric@gmail.com)
Dibuat : 2023-12-19, dengan 4 file

Keyword : Pengelolaan Surat, Waterfall, Microsoft Access
Subjek : Mail Management, Waterfall, Microsoft Access

Surat menyurat merupakan salah satu pekerjaan utama yang ditangani oleh bagian administrasi CV Nugarada Abadi. CV Nugarada Abadi merupakan salah satu perusahaan di bawah naungan Nugarada Group, perusahaan ini bergerak di bidang pengadaan barang dan jasa untuk instansi pemerintah maupun swasta. Seluruh proses dalam kegiatan bisnis perusahaan bertumpu pada kegiatan surat menyurat. Kegiatan pengelolaan surat di perusahaan saat ini masih menggunakan metode manual, yaitu menggunakan buku agenda yang ditulis tangan sebagai alat pencatatan surat. Berdasarkan hasil observasi tercatat di dalam buku agenda tersebut ada 1.284 surat keluar per tanggal 1 April 2022 dan 74% diantaranya adalah surat dengan perihal permintaan penawaran harga. Pembuatan surat dengan metode manual ini memiliki beberapa kekurangan yaitu, nomor surat tidak urut, kesalahan ketik, dan buku agenda yang tidak dapat digunakan bersamaan. Tujuan dari pembuatan sistem pengelolaan surat secara elektronik menggunakan Microsoft Access ini adalah sebagai upaya untuk meningkatkan efektifitas dan mengatasi permasalahan yang timbul dari pengelolaan surat secara manual. Pengembangan sistem ini menggunakan metode waterfall yang diawali dengan pengumpulan data dengan melakukan observasi dan wawancara. Hasil dari proyek ini adalah aplikasi pengelolaan surat berbasis Microsoft Access. Berdasarkan hasil pengujian dan wawancara dengan pengguna didapatkan informasi bahwa aplikasi ini dapat mempermudah pengguna dalam melakukan kegiatan pengelolaan surat dan dapat mengatasi permasalahan yang muncul dalam pengelolaan surat secara manual. Aplikasi ini juga dapat meningkatkan kecepatan pembuatan dan pencatatan surat permintaan penawaran sebesar 46% lebih cepat dengan rata-rata kecepatan pada saat menggunakan metode manual 1 menit 1 detik menjadi 27,75 detik jika menggunakan metode baru. Aplikasi ini masih dapat terus dikembangkan guna memenuhi kebutuhan perusahaan. Bagi perusahaan disarankan untuk selalu melakukan pengembangan terhadap sistem dengan menambahkan berbagai fitur yang dibutuhkan. Untuk mendukung akses jarak jauh, database juga dapat disimpan di server penyimpanan online.

Deskripsi Alternatif :

Correspondence is one of the main jobs handled by the administration of CV Nugarada Abadi. CV Nugarada Abadi is one of the companies under the auspices of the Nugarada Group, this company is engaged in the procurement of goods and services for government and private agencies. All processes in the company\'s business activities rely on correspondence activities. Current letter management activities in the company still use the manual method, namely using a handwritten agenda book as a letter recording tool. Based on the observations recorded in the agenda book, there were 1,284 outgoing letters as of April 1, 2022 and 74% of them were letters regarding requests for price quotes. Making letters with this manual method has several drawbacks, namely, letter numbers are not in sequence, typos, and agenda books that cannot be used together. The purpose of making an electronic mail management system using Microsoft Access is as an effort to increase effectiveness and overcome problems that arise from manual mail management. The development of this system uses the waterfall method which begins with data collection by conducting observations and interviews. The result of this project is a Microsoft Access-based mail management application. Based on the results of testing and interviews with users, information is obtained that this application can make it easier for users to carry out mail management activities and can overcome problems that arise in manual mail management. This application can also increase the speed of making and recording requests for quotations by 46% faster with the average speed when using the manual method of 1 minute 1 second to 27.75 seconds when using the new method. This application can still be developed to meet the needs of the company. Companies are advised to always develop the system by adding the various features needed. To support remote access, databases can also be stored on online storage servers.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : Ira Siti Sarah, S.ST., M.B.A., Editor: Sofia PKL UPI

Download...