Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2022

Pengaruh Digital Atmosphere Terhadap Loyalitas Konsumen Tokopedia Di Tasikmalaya

The Influence of Digital Atmosphere on Tokopedia Consumer Loyalty in Tasikmalaya

Tugas Akhir, 049 / 2022 / ABS
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2023-12-18 10:41:08
Oleh : 195211053 - NISSA SAYYIDAH FATWA (nissa.sayyidah.abs19@polban.ac.id)
Dibuat : 2023-12-18, dengan 4 file

Keyword : Digital Atmosphere, Loyalitas Konsumen, Marketplace
Subjek : Digital Atmosphere, Consumer Loyalty, Marketplace

Transformasi digital di Indonesia terus berkembang setiap tahunnya. Salah satu adopsi digital terbesar yaitu pada bidang pemasaran dalam bentuk marketplace. Tasikmalaya dipilih sebagai lokasi penelitian karena pemerintah Tasikmalaya telah bekerjasama dengan Tokopedia untuk mengembangkan pasar tradisional serta untuk mendorong UMKM di Tasikmalaya. Tokopedia menjadi salah satu marketplace terbesar di Indonesia dari segi jumlah pengunjung. Namun, dalam segi volume pembelian dalam aplikasi dan tingkat bounce rate Tokopedia masih berada di bawah para pesaingnya. Salah satu faktor yang menyebabkan hal tersebut yaitu faktor digital atmosphere, yang mengakibatkan hal tersebut berdampak pada tingkat loyalitas konsumen di Tokopedia sesuai dengan pernyataan dari 30 responden pra survey. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui digital atmosphere dan loyalitas konsumen Tokopedia di Tasikmalaya serta untuk mengetahui pengaruh digital atmosphere terhadap loyalitas konsumen Tokopedia di Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kuantitatif dengan analisis data berupa analisis deskriptif dan analisis regresi sederhana. Alat ukur penelitian ini yaitu berupa kuesioner dengan 38 pernyataan yang disebarkan kepada 190 responden. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa digital atmosphere Tokopedia menurut Konsumen di Tasikmalaya berada pada kategori baik. Adapun hasil penelitian menunjukkan tingkat loyalitas konsumen Tokopedia di Tasikmalaya berada pada kategori sedang. Selain itu, hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara digital atmosphere terhadap loyalitas konsumen Tokopedia di Tasikmalaya, dengan besar pengaruh 34,7%.

Deskripsi Alternatif :

Digital transformation in Indonesia continues to grow every year. One of the biggest digital adoptions is in the field of marketing in the form of a marketplace. Tasikmalaya was chosen as the research location because the Tasikmalaya government has collaborated with Tokopedia to develop traditional markets and to encourage MSMEs in Tasikmalaya. Tokopedia is one of the largest marketplaces in Indonesia in terms of the number of visitors. However, in terms of the volume of in-app purchases and the bounce rate, Tokopedia is still below its competitors. One of the factors that causes this is the digital atmosphere factor, which causes this to have an impact on the level of consumer loyalty at Tokopedia according to statements from 30 pre-survey respondents. The purpose of this study is to determine the digital atmosphere and loyalty of Tokopedia consumers in Tasikmalaya and to determine the effect of the digital atmosphere on Tokopedia's consumer loyalty in Tasikmalaya. The method used in this research is descriptive quantitative method with data analysis in the form of descriptive analysis and simple regression analysis. The measuring instrument of this research is in the form of a questionnaire with 38 statements distributed to 190 respondents. The results of this study state that Tokopedia's digital atmosphere according to consumers in Tasikmalaya is in the good category. The results showed that the level of consumer loyalty of Tokopedia in Tasikmalaya was in the medium category. In addition, the results of the study state that there is a positive and significant relationship between the digital atmosphere and the loyalty of Tokopedia consumers in Tasikmalaya, with a large influence of 34.7%.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : Dr. Drs. Harmon Chaniago, M.Si. , Editor: Sofia PKL UPI

Download...