Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2022

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Perpindahan Merek pada Konsumen (Studi Kasus Produk Indihome di Wilayah Bandung Raya)

Factor Behind Brand Switching to Consumers (Case Study on Indihome Product in Bandung Raya Area)

Tugas Akhir, 052 / 2022 / ABS
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2023-12-18 11:14:49
Oleh : 195211056 - RAHMA WULAN HIJRIANY (rahma.wulan.abs19@polban.ac.id)
Dibuat : 2023-12-18, dengan 4 file

Keyword : perpindahan merek, IndiHome, perilaku konsumen
Subjek : brand switching, IndiHome, consumer behaviour

Pesatnya perkembangan teknologi yang terjadi selaras pula dengan perkembangan internet yang kian terus mengalami pertumbuhan dari masa ke masa sehingga mengakibatkan menjamurnya penyedia jasa internet pada masa kini. Hal ini dikarenakan tuntutan masyarakat yang tinggi terhadap akses internet sehingga telah menjelma menjadi kebutuhan “primer” dan menjadi gaya hidup tersendiri khususnya bagi masyarakat di wilayah Bandung Raya. Di tengah persaingan penyedia jasa internet yang kian menjamur, brand switching atau perilaku perpindahan merek konsumen tidak lagi dapat dihindari. Salah satu perusahaan di Indonesia yang menyediakan jasa penyedia internet adalah PT Telkom Indonesia dengan produk IndiHome. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana faktor-faktor yang menyebabkan perilaku brand switching pada konsumen IndiHome di wilayah Bandung Raya serta mengetahui perolehan dimensi mana yang memiliki kontribusi tertinggi dan terendah berdasarkan faktor-faktor yang menyebabkan perilaku brand switching. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang telah berpindah dari produk IndiHome ke produk lain dan berada di wilayah Bandung Raya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling yakni metode purposive (sesuai dengan tujuan dari penelitian ini) dengan menyebarkan kuesioner kepada pelanggan yang telah berpindah dari IndiHome ke penyedia jasa internet lain. Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap 101 responden, menyatakan “setuju” bahwa faktor pricing, inconvenience, attraction by competitors dan core service failures berkontribusi terhadap perilaku brand switching. Kontribusi tertinggi penyebab perilaku brand switching adalah dimensi core service failures sedangkan kontribusi terendah adalah dimensi inconvenience.

Deskripsi Alternatif :

The rapid development of technology aligns with the development of the internet, which keeps growing on a daily bases, resulting in the proliferation of internet service providers today. This is due to the high public demand for internet access, which has turned it into a "primary" need and a separate lifestyle, especially for people in the Bandung Raya area. Consumer brand switching behavior cannot be avoided in the face of increasing competition for internet service providers. One of the companies in Indonesia that provides internet provider services is PT Telkom Indonesia with IndiHome products. The purpose of this study is to identify the factors that cause brand switching behaviour between IndiHome customers in the Bandung Raya area and to know which has the highest and lowest dimension contribution based on the factors that cause brand switching behaviour. This study's population consists of customers who have switched from IndiHome products to other products and live in the Bandung Raya area. The sampling technique used is non-probability sampling, specifically the purposive method (according with goal of this study) by distributing questionnaires to customers who have switched from IndiHome to other internet service providers. The data in this study was analyzed quantitatively using a descriptive analysis method. Based on the results of the research through 101 respondents, they "agree" that the factors of pricing, inconvenience, competitor attractiveness, and failure of core services contribute to brand switching behaviour. The highest contribution to brand switching behaviour is the dimension of core service failures, while the lowest contribution is the dimension of inconvenience.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : Dra. Siti Samsiyah Purwaningsih, M.T., Editor: Sofia PKL UPI

Download...