Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2022

Analisis Minat Beli Online (Studi Kasus Wanita Muslim Konsumen Shopee di Kota Bekasi)

Analysis of Online Purchase Intention (Case Study of Muslim Women Shopee Consumer in Bekasi City)

Tugas Akhir, 053 / 2022 / ABS
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2023-12-20 15:08:56
Oleh : 195211057 - Rizkyka Nur Fidyna (rizkyka.nur.abs19@polban.ac.id)
Dibuat : 2023-12-20, dengan 4 file

Keyword : Minat Beli, Minat Eksploratif, Minat Preferensial, Minat Referensial, Minat Transaksional.
Subjek : Explorative Interest, Preferential Interest, Purchase intention, Referential Interest, Transactional Interest.

Bonus demografi yang terjadi di Indonesia selama tahun 2020-2030 dapat menjadi peluang bagi perusahaan ataupun penjual dengan memanfaatkan minat beli pada market tertentu, salah satunya wanita muslim. Ketika terjadi bonus demografi, hal ini memberikan peluang besar untuk meraih keuntungan ekonomis yang lebih besar, hal ini dikarenakan dengan besarnya populasi penduduk pada usia produktif akan membuat tingkat konsumsi domestik selalu tinggi, sehingga akhirnya membuat daya beli dan minat beli meningkat. Minat beli sendiri adalah perilaku konsumen yang merupakan keinginan dan motivasi dalam memilih produk atau jasa karena ada pertimbangan berupa pengalaman, perasaan, pikiran, alternatif yang mempengaruhi konsumen sehingga kebutuhannya terpenuhi. Islam sebagai agama mayoritas di Indonesia tentu menjadikan populasi dari para wanita muslim sangat banyak dan itu membuat pasar yang menjadi peluang pembelian produk semakin luas juga, akan tetapi masih belum diketahui mengenai bagaimana minat beli mereka apabila transaksi pembelian dilakukan secara online. Maka dari itu, tujuan utama dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat minat beli secara online pada wanita muslim konsumen Shopee di kota Bekasi. Kemudian, untuk mengetahui gambaran tersebut, maka dilakukanlah analisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif melalui uji mean. Melalui pendekatan kuantitatif dan metode deskriptif, penelitian ini menghasilkan gambaran dari minat beli wanita muslim pengguna Shopee di Kota Bekasi yakni berada dalam kategori “tinggi” dengan hasil uji mean sebesar 4,18. Lalu, indikator dengan hasil uji mean tertinggi ditempati indikator ‘Kesadaran Konsumen’ yaitu sebesar 4,35 dan berada dalam kategori “sangat tinggi”, sedangkan indikator dengan hasil uji mean terendah ditempati oleh indikator ‘Minat Referensial’ yaitu sebesar 3,97 dan berada dalam kategori “tinggi”.

Deskripsi Alternatif :

The demographic bonus that occurs in Indonesia during 2020-2030 can be an opportunity for companies or sellers by taking advantage of buying interest in certain markets, one of which is Muslim women. When there is a demographic bonus, this provides a great opportunity to achieve greater economic benefits, this is because the large population of the population at the productive age will make the level of domestic consumption always high, so that eventually it makes purchasing power and buying interest increase. Buying interest itself is consumer behavior which is a desire and motivation in choosing a product or service because there are considerations in the form of experiences, feelings, thoughts, alternatives that affect consumers so that their needs are met. Islam as the majority religion in Indonesia certainly makes the population of Muslim women very large and that makes the market that is an opportunity for purchasing products wider as well, but it is still unknown about how their buying interest is if the purchase transaction is made online. Therefore, the main purpose of this study is to find out how the level of interest in buying online in Muslim women Shopee consumers in the city of Bekasi. Then, to find out the picture, an analysis is carried out using the descriptive analysis method through the mean test. Through a quantitative approach and descriptive methods, this study produced an overview of the buying interest of Muslim women who use Shopee in Bekasi City, which is in the "high" category with a mean test result of 4.18. Then, the indicator with the highest mean test result is occupied by the 'Consumer Awareness' indicator, which is 4.35 and is in the "very high" category, while the indicator with the lowest mean test result is occupied by the 'Referential Interest' indicator, which is 3.97 and is in the "high" category.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : Dr. Drs. Harmon Chaniago, M.Si., Editor: Wening PKL UPI

Download...