Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Usaha Perjalanan Wisata > 2022

Perancangan Buku Profil Wisata sebagai Media Promosi di Desa Wisata Lebakmuncang

Designing a Tourism Profile Book as Promotion Media in Lebakmuncang Tourism Village

Tugas Akhir, 005 / 2022 / UPW
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2024-10-03 15:41:05
Oleh : 195221006 - Annisa Nur Fitriani (annisa.nur.upw19@polban.ac.id)
Dibuat : 2024-10-03, dengan 4 file

Keyword : Buku Profil, Promosi, Informasi Destinasi, Desa Wisata Lebakmuncang
Subjek : Profile Book, Promotion, Information of Destination, Lebakmuncang Tourism Village

Buku profil wisata yang dimiliki oleh pengelola Desa Wisata Lebakmuncang sudah lama tidak diperbaharui baik dari isi informasi maupun tampilannya, sehingga promosi yang dilakukan kurang optimal karena informasi sudah tidak relevan. Perancangan proyek ini bertujuan untuk memperbaharui media promosi berupa buku profil wisata untuk mempromosikan destinasi kepada masyarakat pada umumnya dan khususnya untuk target pasar utama yaitu sekolah, sehingga dapat meningkatkan minat calon wisatawan untuk melakukan wisata ke Desa Wisata Lebakmuncang. Buku profil ini berisi mengenai komponen pariwisata 4A (attraction, accessibility, amenities, ancillary), sejarah, letak geografis, harga paket wisata yang ditawarkan, kontak pengelola, serta dilengkapi oleh foto kegiatan wisata. Selain itu, perancangan proyek ini memperhatikan tampilan melalui elemen visual, diantaranya warna, tipografi, ilustrasi, dan tata letak. Hasil dari perancangan buku profil ini akan digunakan dalam bentuk digital yang jangkauannya lebih luas dan bentuk fisik yang akan digunakan pihak pengelola dalam memasarkan secara langsung pada suatu instansi sekolah. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara kepada narasumber yaitu pihak pengelola desa wisata, studi literatur, serta pengumpulan data melalui kuesioner sebagai data kualitatif sebelum proyek dimulai juga sebagai timbal balik dari hasil proyek.

Deskripsi Alternatif :

The tourism profile book owned by the manager of the Lebakmuncang Tourism Village has not been updated for a long time, both in terms of information content and appearance, so that the promotion is not optimal because the information is irrelevant. The design of this project aims to update the promotional media in the form of a travel profile book to promote destinations to the public in general and in particular to the main target market, namely schools, so as to increase the interest of potential tourists to travel to the Lebakmuncang Tourism Village. This profile book contains tourism components 4A (attraction, accessibility, amenities, ancillary), history, geographical location, price of tour packages offered, contact manager, and is accompanied by photos of tourist activities. In addition, the design of this project pays attention to the appearance through visual elements, including colour, typography, illustrations, and layout. The results of the design of this profile book will be used in digital form which has a wider reach and in physical form which will be used by the manager in marketing directly to a school agency. The data collection method was carried out by observation, interviews with resource persons, namely the tourism village manager, literature study, and data collection through questionnaires as qualitative data before the project were started as well as feedback from the project results.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing 1: Dra. Tamara Herlinda Erwin, S.Psi., MM.Par.

    Pembimbing 2: Rikantini Widiyanti, SST.Par., MSM., Editor: Erlin Arvelina

Download...