Path: Top > Skripsi - D4 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2023

Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Kepuasan Peserta Program Pemberdayaan Masyarakat PT PLN Indonesia Power Saguling Pomu

The Influence of Corporate Social Responsibility (CSR) On the Participant’s Satisfaction of The Community Empowerment Program of PT PLN Indonesia Power Saguling Pomu

Skripsi, 006 / 2023 / BA
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2024-01-09 14:57:44
Oleh : 195254006 - Dea Yasmin Fatharany (deayasmin20@gmail.com)
Dibuat : 2024-01-09, dengan 4 file

Keyword : Tanggung Jawab Sosial, Program Pemberdayaan Masyarakat, Corporate Social Responsibility, Kepuasan Peserta
Subjek : Social Responsibility, Community Empowerment Program, Corporate Social Responsibility, Participant Satisfaction

Di Indonesia, pemerintah bergantung pada undang-undang dan peraturan untuk melindungi lingkungan lokal dari eksploitasi korporasi terhadap penyalahgunaan sumber daya alam. Tantangan terbesar bagi pemerintah yaitu untuk membuat korporasi tunduk pada aturan. CSR dianggap masih menjadi solusi yang paling cocok untuk masalah ini. Tanggung jawab perusahaan tidak hanya kepada pihak internal saja, namun juga kepada pihak ekstenal perusahaan seperti masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Tanggung jawab tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2012 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perseroan Terbatas. PT. PLN Indonesia Power Saguling POMU yang merupakan anak perusahaan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yaitu PT. PLN Indonesia memiliki program pemberdayaan masyarakat dalam perwujudan tanggung jawab sosial tersebut. Namun, perusahaan belum memiliki Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembinaan dan pembiayaan terhadap kepuasan peserta program pemberdayaa masyarakat yang dilakukan oleh PT. PLN Indonesia Power Saguling POMU. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif serta analisis regresi linier berganda sebagai teknik analisis datanya dengan mengolah 115 jawaban responden yang dikumpulkan melalui kuesioner. Pengolahan data yang dilakukan dengan SPSS 25. Penelitian ini menemukan bahwa pembinaan dan pembiayaan berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap kepuasan peserta program pemberdayaan masyarakat. Kata kunci: Tanggung Jawab Sosial, Program Pemberdayaan Masyarakat, Corporate Social Responsibility, Kepuasan Peserta.

Deskripsi Alternatif :

In Indonesia, the government relies on laws and regulations to protect the local environment from corporate exploitation of natural resources. The biggest challenge for the government is to make corporations comply with the rules. CSR is considered to be the most suitable solution for this problem. Corporate responsibility is not only to internal parties, but also to external parties such as the community and the surrounding environment. This responsibility is contained in the Government Regulation of the Republic of Indonesia Number 47 of 2012 concerning Social and Environmental Responsibility of Limited Liability Companies. PT. PLN Indonesia Power Saguling POMU which is a subsidiary of one of the State-Owned Enterprises (BUMN), namely PT. PLN Indonesia has a community empowerment program in realizing this social responsibility. However, the company does not yet have one. So, the purpose of this study was to determine the effect of coaching and financing on the satisfaction of participants in the community empowerment program conducted by PT. PLN Indonesia Power Saguling POMU. This study used a descriptive method with a quantitative approach and multiple linear regression analysis as a data analysis technique by processing 115 respondents' answers collected through a questionnaire. Data processing was carried out using SPSS 25. This study found that coaching and financing had a direct and significant effect on the satisfaction of community empowerment program participants. Keywords: Social Responsibility, Community Empowerment Program, Corporate Social Responsibility, Participant Satisfaction.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Abdul Malik Sayuti, S.Fil., MBA., Editor: Erlin Arvelina

Download...