Path: Top > Skripsi - D4 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2023

Pengaruh Kualitas Produk terhadap Minat Beli Ulang melalui Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Bittersweet by Najla Kalibata)

The Effect of Product Quality on Repurchase Intention with Customer Satisfaction as An Intervening Variable (Study on Bittersweet by Najla Kalibata)

Skripsi, 019 / 2023 / BA
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2024-03-28 11:52:21
Oleh : 195254019 - Muhammad Ilham Afdillah (ilhamafdillah11@gmail.com)
Dibuat : 2024-03-28, dengan 4 file

Keyword : kualitas produk, kepuasan konsumen, minat beli ulang
Subjek : product quality, customer satisfaction, repurchase intention

Bittersweet by Najla merupakan salah satu pelaku usaha di bidang bakery dan patisserie yang saat ini terkenal dengan salah satu produknya yaitu dessert box. Salah satu aspek kepuasan konsumen adalah kualitas produk. Apabila kualitas produk yang didapatkan oleh konsumen baik, maka konsumen akan merasa puas dengan produk tersebut. Sebaliknya, apabila kualitas produk yang didapat buruk, maka konsumen akan merasa tidak puas dengan produk. Dengan kepuasan konsumen serta kualitas produk yang baik, akan membuat konsumen merasa untuk melakukan pembelian ulang atau minat beli ulang. Untuk itu peneliti melakukan penelitian dengan tujuan mengetahui bagaimana pengaruh kualitas produk terhadap minat beli ulang melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening. Penelitian dilakukan dengan metode pendekatan kuantitatif deskriptif dan analitik yang diujikan kepada 140 responden yang telah membeli produk Bittersweet by Najla melalui teknik pengumpulan data non-probability sampling dengan penentuan sampel purposive sampling. Data yang diperoleh diolah menggunakan software IBM SPSS Statistics, dengan metode analisis data statistik deskriptif, analisis statistik analitik, asumsi klasik, regresi linear sederhana, regresi linear berganda, uji hipotesis serta koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa H1 diterima berarti kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. H2 diterima berarti kualitas produk juga berpengaruh terhadap minat beli ulang. H3 diterima berarti kepuasan konsumen juga berpengaruh terhadap minat beli ulang dan H4 diterima berarti kualitas produk secara tidak langsung berpengaruh terhadap minat beli ulang melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening. Meskipun begitu, kualitas produk dari Bittersweet by Najla perlu dijaga agar konsumen mendapatkan produk yang berkualitas yang akan membuat konsumen tersebut merasa puas dan di masa yang akan datang melakukan pembelian ulang.

Deskripsi Alternatif :

Bittersweet by Najla is one of the businesses in the bakery and patisserie industry that is currently famous for one of its products, namely the dessert box. One aspect of customer satisfaction is product quality. If customers receive good quality products, they will feel satisfied with the product. Conversely, if the quality of the product is poor, customers will feel dissatisfied with the product. With customer satisfaction and good product quality, customers will be inclined to make repeat purchases or repurchase intentions. Therefore, the researcher conducted a study with the aim of determining the influence of product quality on repurchase intentions through customer satisfaction as an intervening variable. The study was conducted using a quantitative descriptive and analytical approach, tested on 140 respondents who had purchased products from Bittersweet by Najla, using non-probability sampling techniques with purposive sampling determination. The data obtained were processed using IBM SPSS Statistics software, employing descriptive statistical data analysis, analytical statistical analysis, classical assumptions, simple linear regression, multiple linear regression, hypothesis testing, and coefficient of determination. The results of the study indicate that H1 is accepted, indicating that product quality has an effect on customer satisfaction. H2 is accepted, indicating that product quality also has an effect on repurchase intentions. H3 is accepted, indicating that customer satisfaction also has an effect on repurchase intentions, and H4 is accepted, indicating that product quality indirectly influences repurchase intentions through customer satisfaction as an intervening variable. However, the product quality of Bittersweet by Najla needs to be maintained so that customers can obtain quality products that will make them feel satisfied and consider repurchasing in the future.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Ira Siti Sarah, S.ST., MBA., Editor: Erlin Arvelina

Download...