Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2023
Pembuatan Standar Operasional Prosedur (SOP) Pemesanan Dan Pengembalian Kendaraan Kantor Di PT Surya Energi Indotama
Making Standard Operating Procedures (SOP) For Ordering and Returning Office Vehicles at PT Surya Energi Indotama
Tugas Akhir, 001 / 2023 / ABSUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2024-09-24 13:35:54
Oleh : 205211005 - Alya Istiana Annisa (alya.istiana.abs20@polban.ac.id)
Dibuat : 2024-09-24, dengan 4 file
Keyword : Standar Operasional Prosedur (SOP), Pemesanan, Pengembalian, Kendaraan Operasional Kantor, PT Surya Energi Indotama
Subjek : Standard Operating Procedure (SOP), Ordering, Returning, Office Operational Vehicles, PT Surya Energi Indotama
Teknologi yang semakin canggih banyak diterapkan pada perusahaan untuk membantu seluruh kegiatan bisnis berjalan dengan lancar. Salah satunya dengan membuat dan menerapkan suatu standar atau aturan untuk mengatur pelaksanaan kegiatan perusahaan tersebut. Pada PT Surya Energi Indotama yang merupakan perusahaan bisnis energi surya, di mana para pimpinan serta karyawan banyak melakukan berbagai kepentingan dalam perjalanan dinas. Maka, dibutuhkan ketersediaan kendaraan operasional kantor yang merupakan salah satu aset pada perusahaan untuk dapat menunjang perjalanan dinas. Agar perjalanan dinas tersebut dapat terlaksana, para karyawan perlu melakukan proses pemesanan kendaraan operasional kantor. Namun, di PT SEI belum tersedia suatu standar operasional prosedur (SOP) terkait pemesanan dan pengembalian kendaraan kantor. Saat ini proses pemesanan kendaraan kantor, yaitu melalui aplikasi WhatsApp dengan mengirimkan format chat kepada salah satu Staf SDM & Umum yang bertugas mengelola pemesanan kendaraan operasional kantor. Lalu, staf tersebut mencatat data pemesanan sekaligus mengatur jadwal supir serta kendaraan dalam buku catatan. Dari proses tersebut dapat menimbulkan adanya permasalahan, seperti para karyawan yang memesan tidak menggunakan format yang sesuai, lupa untuk mencatat data pemesanan kendaraan pada buku catatan, data menjadi kurang rapi dan memerlukan waktu yang cukup lama untuk mencari data pemesanan kendaraan yang sebelumnya jika dibutuhkan, serta tidak mengetahui secara pasti apakah kendaraan kantor yang telah dipakai sudah kembali ke kantor sesuai jadwal pengembalian pemesanan kendaraan. Maka, dibuatkan sebuah standar operasional prosedur (SOP) yang diharapkan dapat menjadi solusi dari berbagai permasalahan yang muncul dan tentunya agar pengelolaan pemesanan kendaraan operasional akan lebih terarah sesuai pedoman, efisien, efektif, fleksibel dan paperless. Kata Kunci: Standar Operasional Prosedur (SOP), Pemesanan, Pengembalian, Kendaraan Operasional Kantor, PT Surya Energi Indotama.
Deskripsi Alternatif :Increasingly sophisticated technology is widely applied to companies to help all business activities run smoothly. One of them is by creating and implementing a standard or rule to regulate the implementation of the company's activities. At PT Surya Energi Indotama, which is a solar energy business company, where leaders and employees carry out various interests in official travel. So, it requires the availability of office operational vehicles which are one of the assets in the company to be able to support official travel. In order for these official trips to be carried out, employees need to carry out the process of ordering office operational vehicles. However, at PT SEI there is no standard operating procedure (SOP) related to ordering and returning office vehicles. Currently, the process of ordering office vehicles, namely through the WhatsApp application by sending a chat format to one of the HR & General Staff in charge of managing office operational vehicle reservations. Then, the staff records the order data as well as organizes the driver and vehicle schedule in a notebook. From this process, it can cause problems, such as employees who order not using the appropriate format, forgetting to record vehicle order data in a notebook, data becomes less neat and requires a long time to search for previous vehicle order data if needed, and not knowing for sure whether the office vehicle that has been used has returned to the office according to the vehicle order return schedule. So, a standard operating procedure (SOP) is made which is expected to be a solution to the various problems that arise and of course so that the management of operational vehicle reservations will be more directed according to guidelines, efficient, effective, flexible and paperless. Keywords: Standard Operating Procedure (SOP), Ordering, Returning, Office Operational Vehicles, PT Surya Energi Indotama.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing: Dr. Drs. Mukaram, M.Ed.M., Editor: Erlin Arvelina
Download...
File : KELENGKAPAN TA - 205211005.pdf
(1575917 bytes)
File : BAB 1 - 205211005.pdf
(462100 bytes)
File : BAB 2 - 205211005.pdf
(206410 bytes)
File : BAB 5 - 205211005.pdf
(274923 bytes)