Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Usaha Perjalanan Wisata > 2023

Analisis Proposisi Nilai Agrowisata Perkebunan Teh Rancabali dari Perspektif Pengelola dan Wisatawan

Analysis of The Value Proposition of Rancabali Tea Plantation Agro-Tourism from The Perspective of Managers and Tourists

Tugas Akhir, 001 / 2023 / UPW
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2024-10-03 14:13:07
Oleh : 205221001 - Abyan Mirza (abyan.mirza.upw20@polban.ac.id)
Dibuat : 2024-10-03, dengan 4 file

Keyword : Model Bisnis Kanvas, Proposisi Nilai, Perkebunan Teh Rancabali
Subjek : Business Model Canvas, Value Proposition, Rancabali Tea Plantation

Perkebunan Teh Rancabali merupakan salah satu atraksi wisata alam di daerah Kabupaten bandung. Untuk mengetahui nilai pada produk dan layanan yang ditawarkan, maka metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model bisnis kanvas dengan berfokus pada proposisi nilai dari Perkebunan Teh Rancabali. Proposisi nilai adalah kombinasi dari produk dan layanan yang menciptakan nilai bagi segmen pasar tertentu dengan menggambarkan manfaat yang diberikan kepada wisatawan dan mengapa produk atau layanan tersebut lebih baik daripada atraksi wisata yang lainnya. Alat ukur yang digunakan berupa customer profil dan value map. Dalam Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu wawancara yang dilakukan kepada pihak pengelola dan wisatawan, Berdasarkan hasil yang didapatkan terdapat kecocokan antara customer profil dan value map. Dapat disimpulkan bahwa Perkebunan Teh Rancabali mampu mengidentifikasi dengan baik masalah atau kebutuhan yang dihadapi oleh wisatawan dan menyediakan solusi yang relevan. Kata Kunci: Model Bisnis Kanvas, Proposisi Nilai, Perkebunan Teh Rancabali.

Deskripsi Alternatif :

Rancabali Tea Plantation is one of the natural tourist attractions in the Bandung Regency area. To determine the value of the products and services offered, the method used in this research is the canvas business model by focusing on the value proposition of the Rancabali Tea Plantation. A value proposition is a combination of products and services that create value for a particular market segment by describing the benefits provided to tourists and why the product or service is better than other tourist attractions. The measuring instruments used are customer profiles and value maps. In this study using a qualitative approach, namely interviews conducted with managers and tourists, based on the results obtained there is a match between the customer profile and value map. It can be concluded that Rancabali Tea Plantation is able to identify the problems or needs faced by tourists and provide relevant solutions. Keywords: Business Model Canvas, Value Proposition, Rancabali Tea Plantation.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing 1: Dr. Tomy Andrianto, S.ST.Par., MM.Par.

    Pembimbing 2: Sherly Raka Siwi Utomo SST., M.Par., Editor: Erlin Arvelina

Download...