Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Manajemen Pemasaran > 2023
Optimasi Pemasaran Digital Produk Herbal Rengganis pada E-Commerce Shopee
Optimazation Digital Marketing of Herbal Rengganis Products in Shopee E-Commerce
Tugas Akhir, 004 / 2023 / MPEUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2024-10-04 11:03:54
Oleh : 205231004 - Ashila Zahran Alifia (ashila.zahran.mpem20@polban.ac.id)
Dibuat : 2024-10-04, dengan 4 file
Keyword : e-commerce Shopee, produk herbal, pemasaran digital, & UMKM
Subjek : Shopee e-commerce, herbal products, digital marketing, and SME
Pandemi Covid-19 membuat ekonomi pada banyak sektor menurun. Hal ini turut dirasakan oleh pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terkena dampak yaitu banyak dari mereka yang harus gulung tikar. Hal sebaliknya terjadi pada sektor kesehatan seperti produk herbal dimana terdapat peningkatan karena tumbuhnya minat masyarakat ke produk herbal selama Covid-19. Peningkatan tersebut menjadi peluang bagi Herbal Rengganis, UMKM herbal di Arjasari. Sayangnya, Herbal Rengganis masih belum bisa memanfaatkan peluang peningkatan pasar tersebut karena masih minimnya aktivitas pemasaran yang dilakukan. Selama ini Herbal Rengganis masih dominan menggunakan pemasaran tradisional dan terbatas dalam memanfaatkan pemasaran digital, seperti WhatsApp. Padahal pemasaran digital dapat mendukung suatu usaha untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Maka dari itu, proyek ini bertujuan untuk meningkatkan pemasaran digital Herbal Rengganis pada platform e-commerce, yaitu Shopee. Proyek ini menerapkan metode penelitian kualitatif melalui wawancara dengan pihak perusahaan, pelaku usaha, dan Focus Group Discussion dengan konsumen. Berdasarkan hasil data yang didapatkan, maka penulis menerapkan beberapa strategi penjualan yang berlandaskan teori promotion mix dengan mengoptimasi penggunaan fitur promosi di Shopee. Dengan penerapan strategi tersebut, penulis berhasil mendapatkan penjualan sebesar Rp2.030.000, melebihi target penjualan yang telah disepakati dengan owner HERBANIS sebesar Rp1.050.000. Adapun luaran dari proyek ini adalah buku panduan sebagai pedoman lanjutan bagi perusahaan untuk optimasi pemasaran digital di Shopee dan landing page untuk media informasi konsumen mengenai detail produk Herbal Rengganis yang telah terintegrasi dengan e-commerce Shopee Herbal Rengganis. Kata Kunci: e-commerce Shopee, produk herbal, pemasaran digital, & UMKM.
Deskripsi Alternatif :The Covid-19 pandemic has caused the economy to decline in many sectors. This is also felt by the small and medium-sized enterprises (SME) who are affected, many of whom have to roll tickers. The opposite is the case in the health sector such as herbal products where there is an increase because of the growing public interest in herbal products during Covid-19. The increase was an opportunity for Herbal Rengganis, herbal SME in Arjasari. Unfortunately, Herbal Rengganis is still unable to take advantage of the opportunity to increase the market because there is still minimal marketing activity. During this time Herbal Rengganis still dominates using traditional marketing and is limited in leveraging digital marketing, such as WhatsApp. While digital marketing can support an effort to reach a wider market. Therefore, the project aims to improve the digital marketing of Herbal Rengganis on the e-commerce platform, namely Shopee. The project applies qualitative research methods through interviews with companies, entrepreneurs, and Focus Group Discussion with consumers. Based on the results of the data obtained, the authors implemented several sales strategies based on the promotion mix theory by optimizing the use of promotional features in Shopee. With the implementation of the strategy, the author managed to get sales of Rp2.030,000, exceeding the sales target that has been agreed with owner HERBANIS of Rp1.050,000. As for the outside of this project is a guide as an advanced guideline for companies for the optimization of digital marketing in Shopee and a landing page for consumer information media about the details of Herbal Rengganis products that have been integrated with Shopee Herbal rengganis e-commerce. Keywords: Shopee e-commerce, herbal products, digital marketing, and SME.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing: Fatya Alty Amalia, S.Farm.,Apt., MSM., Editor: Erlin Arvelina
Download...
File : KELENGKAPAN TA - 205231004.pdf
(1984766 bytes)
File : BAB 1 - 205231004.pdf
(669673 bytes)
File : BAB 2 - 205231004.pdf
(389890 bytes)
File : BAB 5 - 205231004.pdf
(353685 bytes)