Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2024
Pembuatan Aplikasi Sistem Kearsipan Digital Untuk Dokumen Berita Acara Agen Berbasis Ms Access di PT XYZ
Creating Digital Archives System Application for Minutes of Agent Document Based on Ms Access at PT XYZ
Tugas Akhir, 003 / 2024 / ABSUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2024-09-25 15:38:53
Oleh : 215211003 - Angelia July Gunawan (angelia.july.abs21@polban.ac.id)
Dibuat : 2024-09-25, dengan 4 file
Keyword : Aplikasi Sistem Kearsipan Digital, Berita Acara Agen, Microsoft Access
Subjek : Agent Minutes, Digital Archive System Application, Microsoft Access
Di era Revolusi Industri 4.0 ini, teknologi berkembang dengan pesat di berbagai sektor, mulai dari produksi hingga konsumsi, terkhususnya dalam kegiatan bisnis. Menyadari pentingnya penerapan teknologi dalam bisnis perusahaan, selama pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan beberapa bulan terakhir, dilakukan observasi dan analisis penggunaan teknologi dalam kegiatan bisnis di PT XYZ. Ditemukan bahwa proses penanganan arsip digital untuk dokumen Berita Acara Agen sering terhambat. Hal ini disebabkan oleh ketiadaan petugas khusus pengelola arsip atau sistem yang dapat digunakan untuk menyimpan, mencari, dan membuat laporan arsip, sehingga dokumen disimpan di flashdisk yang berbeda-beda.. Berdasarkan fenomena tersebut, dibuatlah proyek berbasis Microsoft Access. Aplikasi ini dipilih karena mudah diakses oleh pengguna dan tidak memerlukan penulisan kode khusus, sesuai dengan pembelajaran yang diperoleh selama masa perkuliahan.. Proyek ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas kinerja karyawan serta kelancaran proses penanganan arsip secara digital. Perancangan pada proyek ini menggunakan metode Waterfall dengan tahapan analisis, desain, pengembangan, dan uji coba. Kemudian dilakukan analisis keberhasilan proyek menggunakan metode System Usability Scale (SUS) yang berfokus pada uji keberhasilan fungsi dari sistem. Hasil skor SUS berada pada angka 82,6 yang dapat disimpulkan menurut J. Sauro, sistem berjalan dengan baik sesuai fungsinya, pengguna juga merasa puas menggunakan sistem tersebut dan berminat untuk menerapkan proyek tersebut kedepannya. Dengan adanya sistem ini diharapkan berguna bagi perusahaan dalam menangani dokumen BAST ataupun arsip lainnya
Deskripsi Alternatif :In this era of the Industrial Revolution 4.0, technology is developing rapidly in various sectors, from production to consumption, especially in business activities. Realizing the importance of the application of technology in the company's business, during the last few months of internship, observation and analysis of the use of technology in business activities at PT XYZ was carried out. It was found that the process of handling digital archives for Agent Minutes documents was often hampered. This is due to the absence of a special archive management officer or a system that can be used to store, search, and create archive reports, so that documents are stored on different flashdisks. Based on this phenomenon, a Microsoft Access-based project was created. This application was chosen because it is easily accessible to users and does not require writing special code, in accordance with the learning obtained during the lecture period. This project is expected to increase the effectiveness of employee performance and smooth the process of handling archives digitally. The design of this project uses the Waterfall method with the stages of analysis, design, development, and testing. Then the project success was analyzed using the System Usability Scale (SUS) method which focuses on testing the successful functioning of the system. The SUS score results are at 82.6 which can be concluded according to J. Sauro, the system runs well according to its function, users also feel satisfied using the system and are interested in implementing the project in the future. This system is expected to be useful for companies in handling BAST documents or other archives.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing: Dr. Drs. Mamun Sutisna, S.Sos., M.Pd., Editor: Erlin Arvelina
Download...
File : KELENGKAPAN TA - 215211003.pdf
(1938773 bytes)
File : BAB 1 - 215211003.pdf
(596365 bytes)
File : BAB 2 - 215211003.pdf
(741868 bytes)
File : BAB 5 - 215211003.pdf
(518138 bytes)