Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Usaha Perjalanan Wisata > 2024

Pembuatan E-Katalog Produk Paket Wisata sebagai Media Promosi di Desa Wisata Lebak Muncang Kabupaten Bandung

Creating E-Catalogue Product Tour Package as A Promotional Media at Tourism Village Lebak Muncang Bandung Regency

Tugas Akhir, 004 / 2024 / ABS
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2024-10-03 13:28:37
Oleh : 215221005 - Athallah Naufal Mahir (athallah.naufal.upw21@polban.ac.id)
Dibuat : 2024-10-03, dengan 4 file

Keyword : Wisata Edukasi, Desa wisata, Media promosi, Teknologi Informasi, E-Katalog
Subjek : Educational Tourism, Tourism Village, Promotion Media, Information Technology, E-Catalog

Desa Lebak Muncang merupakan salah satu desa wisata yang cukup dikenal oleh sebagian masyarakat, terutama masyarakat Kabupaten Bandung, tepatnya di Kecamatan Ciwidey. Desa ini memiliki beberapa produk yang ditawarkan kepada wisatawan, yaitu Wisata Edukasi Agro dan Wisata Edukasi Budaya. Namun, dengan potensinya yang besar, desa ini masih memiliki kekurangan, yaitu kurangnya inovasi dalam pembaruan produk, dan kurangnya pemanfaatan teknologi informasi digital dalam media promosinya. Dengan menyebarkan informasi yang masih menggunakan tulisan tentang paket wisata dalam bentuk format foto atau jpg, dan media promosi yang dipakai seperti website dan media sosial masih belum memberikan kinerja maksimal dalam memberikan informasi secara detail tentang produknya. Maka dari itu, diperlukan pembuatan sebuah proyek untuk Desa Wisata Lebak Muncang ini yang bertujuan untuk memperbaiki sistem yang lama.. E-Katalog ini didesain melalui aplikasi Canva dan dikonversikan menjadi E-Katalog interaktif di aplikasi website FIGMA yang dapat diakses melalui tautan atau menggunakan kode batang/QR CODE. Tautan ini akan disematkan di media sosial yang dimiliki oleh Desa wisata Lebak Muncang. Dengan itu, E-Katalog ini dapat diakses dengan jangkauan yang luas karena telah didukung oleh media digital. Proses pembuatan E-Katalog ini terdapat beberapa, yaitu Identifikasi masalah, Penyusunan konsep, Pengolahan data, Desain konsep, Uji proyek, Hingga evaluasi proyek. E-Katalog ini, telah diserahkan kepada pihak Desa wisata dan telah dievaluasi. Dapat disimpulkan dengan pembuatan E-Katalog ini telah berhasil menjadi daya tarik visual dan menjadi sistem informasi yang baru ini. Dengan adanya E-Katalog ini diharapkan dapat lebih membantu dalam kegiatan promosi yang dapat meningkatkan ketertarikan calon pengunjung pada Desa Wisata Lebak Muncang. Kata kunci: Wisata Edukasi, Desa wisata, Media promosi, Teknologi Informasi, E-Katalog.

Deskripsi Alternatif :

Lebak Muncang Village is one of the tourist villages that is quite well known by some people, especially the people of Bandung Regency, precisely in Ciwidey District. This village has several products offered to tourists, namely Agro Educational Tourism and Cultural Educational Tourism. However, with its great potential, this village still has shortcomings, namely the lack of innovation in product updates, and the lack of utilization of digital information technology in its promotional media. By disseminating information that still uses writing about tour packages in the form of photo or jpg format, and promotional media used such as websites and social media still do not provide maximum performance in providing detailed information about their products. Therefore, it is necessary to create a project for this Lebak Muncang Tourism Village which aims to improve the old system. This E-Catalog is designed through the Canva application and converted into an interactive E-Catalog on the FIGMA website application which can be accessed via a link or using a barcode/QR CODE. This link will be embedded in social media owned by Lebak Muncang Tourism Village. With that, this E-Catalog can be accessed with a wide range because it has been supported by digital media. The process of making this E-Catalog has several steps, namely problem identification, concept preparation, data processing, concept design, project testing, and project evaluation. This E-Catalog has been submitted to the tourist village and has been evaluated. It can be concluded that the making of this ECatalog has succeeded in becoming a visual attraction and a new information system. With this E-Catalog, it is expected to be more helpful in promotional activities that can increase the interest of potential visitors to the Lebak Muncang Tourism Village. Keywords: Educational Tourism, Tourism Village, Promotion Media, Information Technology, E-Catalog.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing 1: Dr. Marceilla Suryana, BA.(Hons), MM.Par.

    Pembimbing 2: Dr. Tomy Andrianto, S.ST.Par., MM.Par., Editor: Erlin Arvelina

Download...