Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Manajemen Pemasaran > 2024

Penggunaan Media Sosial Instagram Untuk Meningkatkan Engagement Pada Akun @goodfoodinc.id

Optimizing the Use of Instagram Social Media to Increase Engagement on @goodfoodinc.id Accounts

Tugas Akhir, 004 / 2024 / MPE
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2024-10-04 11:38:52
Oleh : 215231005 - Audina Mulyati Rahayu Putri (audhinaaprt@gmail.com)
Dibuat : 2024-10-04, dengan 4 file

Keyword : Content Marketing, Engagement, Instagram, Social Media Marketing
Subjek : Content Marketing, Engagement, Instagram, Social Media Marketing

Pandemi Covid-19 membuat ekonomi pada banyak sektor menurun. Hal sebaliknya terjadi pada sektor kesehatan seperti produk healthy food dimana terdapat peningkatan karena tumbuhnya minat masyarakat ke produk healthy selama Covid-19 dan setelah Covid pun banyak masyarakat yang memiliki goals untuk diet sehat, menaikkan berat badan, atau sekadar untuk mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Namun, sayang sekali Good Food Inc masih belum bisa memanfaatkan peluang peningkatan tersebut karena masih minimnya ativitas pemasaran online yang dilakukan. Banyak para pelaku bisnis memanfaatkan internet sebagai pendukung bisnisnya, salah satunya menggunakan peran media sosial Instagram. Instagram yang memiliki 116,16 juta pengguna Instagram di Indonesia menjadi media sosial yang paling banyak digunakan bisnis untuk berinteraksi dengan audiens melalui content marketing yang disajikan, salah satunya adalah Good Food Inc. Bisnis dalam bidang healthy food dari Bandung itu tengah mengalami penurunan engagement sejak awal tahun hingga akhir tahun 2023. Permasalahan ini mengantarkan pada proyek optimasi penggunaan media sosial Instagram sebagai solusinya. Penulis menggunakan strategi 4C (context, communication, collaboration, connection) dalam merancang proyek optimasi penggunaan media sosial Instagram ini. Metode kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data melalui wawancara dengan pemilik perusahaan, pelaku usaha sejenis, dan konsumen. Proyek optimasi pengunaan media sosial Instagram ini berhasil meningkatkan engagement pada akun Instagram Good Food Inc dilihat dari jumlah like, comment, share, accounts engaged, dan content interaction yang meningkat pesat berdasarkan hasil data insight pada akun. Proyek ini menghasilkan luaran berupa buku panduan yang dapat Good Food Inc manfaatkan sebagai panduan dalam perancangan konten hingga pembuatan konten serta fitur Instagram yang perlu dimanfaatkan di masa mendatang. Kata kunci: Content Marketing, Engagement, Instagram, Social Media Marketing.

Deskripsi Alternatif :

The Covid-19 has caused the economy ini many sectors to decline. The opposite happened in the health sector such as healthy food products where there was an increase due to the growth of public interest in healthy products during Covid-19 and after Covid, many people had goals for a healthy diet, weight gain, or simply to change their lifestyle to a healthier one. However, it is a pity that Good Food Inc still cannot take advantage of this increasing opportunity because there is still a lack of online marketing activities carried out. Many business people utilize the internet as a support for their business, one of which uses the role of social media Instagram. Instagram, which has 116.16 million Instagram users in Indonesia, is the social media most widely used by businesses to interact with audiences through content marketing, one of which is Good Food Inc. The business in the field of healthy food from Bandung is experiencing a decline in engagement form the beginning of the year to the end of 2023. This problem led to a project to optimize the use of Instagram social media as a solution. The author uses the 4C strategy (context, communication, collaboration, and connection) in designing this Instagram social media optimization project. Qualitative methods are used to collect data through interviews with company owners, similar business actores, and consumers. This Instagram social media optimization project succeeded in creasing engagement pn the Good Food Inc Instagram account as seen from the number of likes, comments, shares, account engaged, and content interaction which increased rapidly based on the results of data insight on the acoount. This project produces an output in the form of guide book that Good Food Inc can use as a guide in content design to connect creation and Instagram features that need to be utilized in the future. Keywords: Content Marketing, Engagement, Instagram, Social Media Marketing.

Beri Komentar ?#(1) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Fatya Alty Amalia, S.Farm.,Apt., MSM., Editor: Erlin Arvelina

Download...