Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2019
Analisis Tingkat Loyalitas Merek Aplikasi Dompet Digital DANA (Studi Kasus Pada Mahasiswa Di Kota Bandung)
Analysis Brand Loyalty Level Of E-Wallet Application DANA (Case Study in College at Bandung) City
Tugas Akhir, 001 / 2019 / ABSUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2020-02-14 08:55:30
Oleh : Aafi Fakhruddin - 165211001 (aafi.fakhruddin.abs16@polban.ac.id)
Dibuat : 2020-02-14, dengan 4 file
Keyword : Tingkat Loyalitas, Dompet Digital, dan Aplikasi DANA
Subjek : Loyalty level, E-waller and DANA Application
Loyalitas merek merupakan hal yang sangat penting bagi suatu perusahaan, hal ini dapat memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan, misal saja loyalitas merek dapat mendatangkan konsumen yang melakukan pembelian/pemakaian ulang, merekomendasikan aplikasi pada orang lain, dan mengurangi biaya pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat loyalitas merek pengguna aplikasi dompet digital (e-wallet)merek DANA berdasarkan hirarki menurut David Aaker. Indikator-indikator yang digunakan dalam penelitian ini yaitu switcher buyer, habitual buyer, likes the brand buyer, dan committed buyer.Penelitian ini dilakukan pada Mahasiswa di Kota Bandung. Penelitian ini menarik untuk dilakukan sebab ada fenomena bertolak belakangnya penilaian aplikasi DANA pada google playstore yang menunjukan nilai tertinggi dengan popularitas pengguna aplikasi dompet digital untuk transaksi pembayaran di toko reteil. Pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif untuk mendeskripsikan secara sistematis, faktual dan akurat tentang objek penelitian. metode survei dilakukan kepada 110 responden dengan menggunakan kuesioner. Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukan bahwa kecenderungan loyalitas pengguna aplikasi dompet digital merek DANA berada pada tingkat switcher buyer dengan jumlah 76% pengguna. Kemudian untuk dimensi tertinggi pada penelitian ini yaitu switcher buyer dengan rata-rata sebesar 3,81 dan termasuk ke dalam kategori baik, sedangkan untuk dimensi terendah yaitu dimensi likes the brand buyer dengan rata-rata (mean) sebesar 3,23 yang termasuk dalam kategori cukup baik. Kata Kunci: Tingkat Loyalitas, Dompet Digital, dan Aplikasi DANA.
Deskripsi Alternatif :Brand loyalty is very important for a company, this can provide many benefits for the company, for example brand loyalty can bring cunsumer who make purchases/reuse, recommend applications to others and reduce marketing costs. This studi aim to determine the level of brand loyalty of user of digital wallet (e-wallet) DANA brand base on hierarchy according to David Aaker. The indicators use in this study are swicher buyer, habitual buyer, satisfied buyer likes the brand buyer, and committed buyers. This research was conducted to student in Bandung city. This research is interesting to do because there is a phenomenon of conflicting appraisal of the DANA application on the google playstore which shows a high value with the popularity of using digital wallet applications for payment transactions in retail store. The approach taken in this study uses a quantitative approach with descriptive research type to describe systematically, factual, and accurately about the object of research. The survey medthod was conducted on 110 respondents using a questionnaire. The results obtained from this study indicate that the tendency of users of DANA brand digital wallet application loyalty is at the level of switcher buyer with 76% of users. Then for the highest dimension in this study, the switcher buyer with an average of 3.81 and included in the good category, while for the lowest dimension, the dimensions of likes the brand buyer with an average (mean) of 3.23 included in the pretty good category. Keywords: Loyalty level, E-waller and DANA Application.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing: Ivon Sandya Sari Putri, S.ST., MBA., Editor: Erlin Arvelina
Download...
File : KELENGKAPAN TA - 165211001.pdf
(555048 bytes)
File : BAB 1 - 165211001.pdf
(185756 bytes)
File : BAB 2 - 165211001.pdf
(274085 bytes)
File : BAB 5 - 165211001.pdf
(165581 bytes)