Path: Top > Skripsi - D4 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2018
Peranan Orientasi Pasar Dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing Pada UMKM Lampu Gentur Cianjur
The Role Of Market Orientation In Improving Competitive Advantages At SMEs Gentur Lamp Cianjur
Skripsi, 002 / 2018 / BAUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2018-10-25 09:51:27
Oleh : Adam Hakulyakin - 145254001 (adamhakulyakin@yahoo.com)
Dibuat : 2018-09-03, dengan 4 file
Keyword : Orientasi Pasar, Keunggulan Bersaing, Lampu Gentur Cianjur
Subjek : Market Orientation, Competitive Advantages, SMEs Gentur Lamp of Cianjur
Lampu gentur merupakan salah satu produk unggulan UMKM Kabupaten Cianjur dengan perkembangannya kurang baik serta mengalami permasalahan dalam penurunan rata-rata produksi dan penurunan omzet. Ketidakmampuan UMKM Lampu Gentur dalam memenuhi keinginan konsumen dan kelambataan bergerak dalam memenangkan pasar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana implementasi orientasi pasar yang dilakukan UMKM Lampu Gentur Cianjur, bagaimana keunggulan bersaing yang dilakukan UMKM Lampu Gentur Cianjur, dan seberapa besar pengaruh orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing UMKM Lampu Gentur. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 109 UMKM. Metode yang digunakan deskriptif analisis dengan hasil orientasi pasar termasuk ke dalam kategori tinggi serta keunggulan bersaing termasuk ke dalam kategori tinggi. Hasil dari analisis regresi linier sederhana menghasilkan rumus Y=21,916+0,503x dengan R square sebesar 0,344 yang berarti orientasi pasar mampu meningkatkan keunggulan bersaing UMKM Lampu Gentur sebesar 34,4% dan sisanya 65,4% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Kata Kunci: Orientasi Pasar, Keunggulan Bersaing, Lampu Gentur Cianjur.
Deskripsi Alternatif :Gentur Lamp is one of the superior products of UMKM Cianjur Regency with poor development and experiencing problems in the decrease in production and decrease in turnover. The incapability of SMEs Gentur lights in fulfilling consumer desires and luster move in winning the market. The purpose of this research is to find out how the implementation of market orientation conducted by SMEs Lampu Gentur Cianjur, how competitive advantage made by SMEs Lampu Gentur Cianjur, and how influence of market orientation to competitive advantage SMEs Lampu Gentur. This study used a sample of 109 MSMEs. The method used descriptive analysis with the results of market orientation included into the high category as well as competitive advantage belong to the high category. The result of simple linear regression analysis yielded the formula Y = 21,916 + 0,503x with R square equal to 0,344 which mean market orientation able to improving the competitiveness of SMEs Gentur Lamp with value 34,4% and the rest 65,4% influenced by other factor. Keywords: Market Orientation, Competitive Advantages, SMEs Gentur Lamp of
Cianjur.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing: Dra. Tintin Suhaeni, S.Sos., M.Si., Editor: Erlin Arvelina
Download...
File : KELENGKAPAN SKRIPSI - 145254001.pdf
(571612 bytes)
File : BAB 1 - 145254001.pdf
(259023 bytes)
File : BAB 2 - 145254001.pdf
(336531 bytes)
File : BAB 5 - 145254001.pdf
(154259 bytes)