Path: Top > Tugas Akhir - D3 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Usaha Perjalanan Wisata > 2015

Analisis Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Pariwisata di Curug Cimahi Kabupaten Bandung Barat

The Analysis of Service Quality and Tourism Product Quality at Curug Cimahi West Bandung District

Tugas Akhir, 034 / 2015 / UPW
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2018-05-07 16:21:55
Oleh : Adhitya Abdala Abdul Aziz - 125221002 (adhitya.abdala@gmail.com)
Dibuat : 2018-05-07, dengan 4 file

Keyword : Curug, Kualitas, pelayanan
Subjek : Curug, quality, service

Curug Cimahi merupakan salah satu atraksi wisata yang dikelola oleh perhutani Jawa Barat dan Banten yang berada di Kabupaten Bandung Barat yang memiliki keunikan pada atraksi wisatanya. Atraksi utama yang ditawarkan dari Curug Cimahi adalah keindahan air terjun dan alam sekitar yang masih sangat terjaga. Curug Cimahi telah memiliki fasilitas pendukung serta komponen-komponen dasar pariwisata yang telah baik, namun terdapat beberapa faktor yang belum dimaksimalkan oleh pihak pengelola sehingga mempengaruhi kualitas pelayanan yang diberian kepada pengunjung. Berdasarkan hal tersebut penelitian Tugas Akhir ini ditujukan untuk menganalis kualitas pelayanan di Curug Cimahi Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dan pendekatan penelitian kualitatif. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumen, dan triangulasi yaitu menggabungkan semua data yang telah diperoleh dari hasil observasi dan wawancara. Kualitas pelayanan dan kualitas produk di Curug Cimahi sudah baik namun masih terdapat beberapa permasalahan seperti kebersihan dan kelayakan fasilitas yang kurang baik. Harus di lakukan kontrol berkala pada kebersihan fasilitas yang ada dan memperbaiki fasilitas yang sudah rusak. Kata kunci: Curug, Kualitas, pelayanan.

Deskripsi Alternatif :

Curug Cimahi is one of the tourist attractions that are managed by Perhutani West Java and Banten is located in West Bandung regency which has a unique on tourist attractions. The main attractions offered from Cimahi waterfall is beautiful waterfall and natural surroundings area still in good condition. Curug Cimahi already has support facilities as well as the basic components of tourism that has been good, but there are several factors that have not been maximized by the manager that affect the quality of service. Based on this final project research is aimed to analyze the quality of services in Curug Cimahi West Bandung regency. This study uses descriptive and qualitative research approaches. In this research, data collection techniques used are observation, interviews, documents, and triangulation that combines all the data have been obtained from observations and interviews. Quality of service and product quality in Curug Cimahi already good, but there are still some problems such as hygiene and feasibility of inadequate facilities. Should be done periodically controls on existing facilities cleanliness and repair damaged facilities. Keywords: Curug, quality, service.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Dra. Tamara Herlinda Erwin, M.M.Par., Editor: Erlin Arvelina

Download...