Path: Top > Tugas Akhir - D3 > Jurusan Teknik Komputer dan Informatika > Program Studi Teknik Informatika > REGULER > 2012
PEMBUATAN APLIKASI GAME DAM-DAMAN UNTUK PERANGKAT BERBASIS IOS MENGGUNAKAN ALGORITMA MINIMAX
DAM-DAMAN GAME APPLICATION FOR IOS-BASED DEVICE USING MINIMAX ALGORITHM
Tugas Akhir, 009 / 2012 / JTKUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2017-03-01 14:15:40
Oleh : Agil Febrianistian - 091511001, Gean Ginanjar Adiguna - 091511017, & Kovalevsdeno Al Fajr Amitono - 091511023
Dibuat : 2013-10-09, dengan 3 file
Keyword : artificial intelligence, algoritma minimax, dam-daman, game, board game
Subjek : artificial intelligence, minimax algorithm, dam-daman, game, board game
Tugas akhir ini berkaitan dengan pembuatan sebuah game yang diadaptasi dari permainan dam-daman, sebuah permainan tradisional yang berasal dari pulau Jawa, Indonesia. Game yang dibangun mengadaptasi dan mengadopsi sedekat mungkin peraturan dan komponen yang berlaku pada permainan dam daman yang ada di dunia nyata. Game ini dikembangkan pada perangkat berbasis iOS. Dikarenakan game ini merupakan adaptasi dari permainan tradisional yang ada, maka game ini memiliki genre cultural atau traditional game. Sedangkan tipe dari game ini adalah board game, dimana tujuan pemain adalah untuk menghabiskan bidak lawannya untuk memenangkan permainan. Pada game ini diterapkan algoritma minimax sehingga computer mampu mengambil keputusan yang terbaik berdasarkan beberapa faktor, dantaranya adalah jumlah bidak, posisi strategis bidak & papan, dan keadaan masing - masing bidak. Game dam-daman ini dibangun dengan memanfaatkan game engine cocos2d dan SVG. SVG digunakan untuk membantu membuat peletakan setiap bidak dan posisi papan, membangun jalur langkah dari setiap posisi papan dan pemberian nilai strategis posisi setiap papan. Kata kunci: artificial intelligence, algoritma minimax, dam-daman, game, board game.
Deskripsi Alternatif :This final project is related to the development of dam-daman game, a traditional game from Java, Indonesia. By applying the various rules and components that are owned by the dam-daman games that exist in the real world, it is expected that the purpose of representing the dam-daman game can be met. The development carried on the iOS-based device. Due to the fact that game is an adaptation of existing traditional games, then it's genre is a cultural or traditional game. Meanwhile, type of this game is a board game where the goal of the game is to eat all the opponent pawns to win the match. On this game, minimax algorithm was implemented so the computer can make a best decision based on several factors, including number of pawns, strategic position of pawns and board, and position of each pawn. Dam-daman game was developed by using cocos2d game engine and SVG. SVG is used for making each pawn and board position, building lane for each board position and providing strategic value for each board position. Keyword: artificial intelligence, minimax algorithm, dam-daman, game, board game.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing 1: Priyanto Hidayatullah, ST., M.Sc.
Pembimbing 2: Setiadi Rachmat, M.Eng. , Editor: Erlin Arvelina
Download...
File : DAFTAR - 091511001, 091511017, 091511023.pdf
(495245 bytes)
File : BAB 1 - 091511001, 091511017, 091511023.pdf
(286221 bytes)
File : BAB 2 - 091511001, 091511017, 091511023.pdf
(508753 bytes)