Path: Top > Journal Politeknik Negeri Bandung > Jurusan Administrasi Niaga > TATA NIAGA > Volume IV Nomor 2 Mei 2004
Retrospeksi Kepariwisataan Indonesia
Oleh : A. Gima Sugiama
Dibuat : 2012-04-25, dengan 0 file
Keyword : kunjungan wisatawan, kepuasan, kualitas layanan
Perkembangan pariwisata Indonesia dapat diukur antara lain berdasarkan sudut pandang ekonomi. Salah satu indikator dalam ekonomi pariwisata adalah jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dan perolehan devisa dari pariwisata bersangkutan. Ekonomi pariwisata Indonesia mengalami kemajuan pesat dalam 3 dekade sejak awal tahun 1980-an. Tetapi perkembangan ini belum setinggi yang diharapkan sebagaimana kemajuan di beberapa negara tetangga seperti yang dicapai Singapura dan Malaysia. Berbagai permasalahan diduga menjadi penghambat perkembangan pariwisata Indonesia. Pengembangan usaha layanan kepariwisataan yang belum memenuhi harapan wisatawan adalah salah satu faktor yang diduga kuat menjadi penghambatnya. Ada beberapa indikasi masalah berkaitan dengan kepuasan dan kualitas layanan wisata diantaranya kondisi pasar yang sangat reaktif pada perubahan lingkungan, adaptasi penyedia yang lemah terhadap permintaan layanan kepariwisataan, layanan kepariwisataan yang kurang saling melengkapi (komplementaritas), dan apresiasi penyedia yang kurang berwawasan pelanggan. Berdasarkan pada indikasi permasalahan tersebut maka penelitian kepuasan wisatawan dan kualitas layanan wisata menjadi semakin penting.
Deskripsi Alternatif :.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Editor: Idayu Gemalia