Path: Top > Skripsi - D4 > Jurusan Teknik Sipil > Prodi Teknik Perancangan Jalan & Jembatan > 2015 > REGULER

Perancangan Peningkatan Jalur Alternatif Jalan Sersan Bajuri Sta 0+000 s/d Sta 1+500 Kota Bandung Sebagai Akses Penunjang Pariwisata

The Improvement Design of Alternative Route Sersan Bajuri Street Sta 0+000 to Sta 1+500 Bandung City as Tourism Support Access

Tugas Akhir, 001 / 2015 / TPJJ
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2018-09-03 15:06:05
Oleh : Akhmad Syahid - 091134003 (akhmadsyahid1605@gmail.com)
Dibuat : 2017-08-01, dengan 4 file

Keyword : peningkatan jalan, perkerasan kaku, geometrik jalan, drainase jalan, perlengkapan jalan
Subjek : street improvement, rigid pavement, street geometric, street drainage, street equipment

Jalan Sersan Bajuri merupakan jalan kota yang memiliki fungsi jalan kolektor sekunder. Ruas jalan tersebut merupakan akses menuju tempat pariwisata di wilayah Bandung Utara dan salah satu jalan alternatif yang menghubungkan Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kota Cimahi. Ruas jalan Sersan Bajuri kondisi fisiknya mengalami kerusakan sehingga mengurangi kenyamanan dan keselamatan bagi para pengguna jalan, kondisi lingkungan serta meningkatnya jumlah lalu lintas membuat pelayanan jalan semakin menurun seiring bertambahnya waktu. Pengembalian kondisi yang dilakukan yaitu dengan peningkatan ruas jalan Sersan Bajuri STA 0+000 s/d STA 1+500 sepanjang 1,5 Km menggunakan perkerasan kaku dengan metoda Bina Marga Pd T 14-2003, perancangan alinemen horizontal dan vertikal jalan menggunakan Standar Perencanaan Geometrik untuk Jalan Perkotaan Bina Marga tahun 1992, perbaikan kemiringan dan dimensi drainase jalan menggunakan metoda Bina Marga Pd T 02-2006-B, dan perencanaan perlengkapan jalan meliputi rambu lalu lintas menggunakan metoda Bina Marga No. 01/P/BNKT/1991, marka jalan menggunakan pedoman Pd T 12-2004-B, lampu penerangan jalan menggunakan pedoman SNI 7391 tahun 2008, pagar pengaman menggunakan metoda Bina Marga No 13/S/BNKT/1990, cermin tikungan dan delineator menggunakan Keputusan Menteri Perhubungan No. 3 Tahun 1994. Berdasarkan hasil perancangan perkerasan kaku didapatkan ketebalan perkerasan kaku 170 mm dengan lapis pondasi bahan pengikat setebal 125 mm dan tulangan yang terdiri dari dowel berdiameter 28 mm dan tie bars berdiameter 16 mm. Perancangan drainase didapatkan dimensi saluran dengan lebar 0,65 meter dan tinggi 0,8 meter dengan kemiringan memanjang saluran sebesar 0,004 %. Pekerjaan perlengkapan jalan yang direncanakan terdiri dari rambu lalu lintas, marka jalan, lampu penerangan jalan, pagar pengaman, cermin tikungan, dan delineator. Biaya yang diperlukan untuk peningkatan ruas jalan ini adalah Rp. 6.078.505.614,00- (enam milyar tujuh puluh delapan juta lima ratus lima ribu enam ratus empat belas rupiah). Kata kunci: peningkatan jalan, perkerasan kaku, geometrik jalan, drainase jalan, perlengkapan jalan.

Deskripsi Alternatif :

Sersan Bajuri street is the city street that has secondary collector function. This is access to the tourismt place in North Bandung area and one of the alternative street that connects Bandung City to the West of Bandung Regency and also Cimahi City. Sersan Bajuri street physical condition has been damaged so that reducing the comfort and safety for all street users, the environmental conditions and the growing amount of traffic that makes the street service decreases as time goes by. Reengineering of the condition that do is by improving Sersan Bajuri street segment STA 0+000 until STA 1+500 along 1,5 Km using Bina Marga method of rigid pavement Pd. T 14-2003, street alignment design for horizontal and vertical using Standar Geometrik untuk Jalan Perkotaan Bina Marga 1992, improvement street drainage slope and dimension using Bina Marga method Pd. T 02-2006-B, and the planning of street equipment includes traffic signs using Bina Marga method No. 01/P/BNKT/1991, street markings using Bina Marga guidelines Pd.T 12-2004-B, street lightning using SNI 7391-2008, street guardrail using Bina Marga method No. 13/S/BNKT/1990, the mirror for curve street and delineator using Keputusan Menteri Perhubungan No.3 of 1994. Based on the rigid pavement design obtained that the pavement thickness is 170 mm with a coats of foundation materials binder as thick as 125 mm and reinforce steel consisting of 28 mm diameter dowel and tie bars with 16 mm diameter. Street drainage design obtained dimension channel with 0,65 meters wide and 0,8 meters high with a longitudinal slope of 0,004%. The planned for street equipment includes of traffic signs, street markings, street lightning, guardrail, mirror for curve street, and delineator. Cost required for improvement of this street are Rp. 6.078.805.614,00-- (six billion seventyeight million five hundred and fourteen thousand and six hundred rupiahs). Keywords: street improvement, rigid pavement, street geometric, street drainage, street equipment.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing 1: Angga Marditama Sultan Sufanir, S.T., M.T.


    Pembimbing 2: Risna Rismiana Sari, S.T., M.Sc., Editor: Erlin Arvelina

Download...