Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Manajemen Pemasaran > 2021

Perancangan Dan Pembuatan Konten Sosial Media Instagram 'Froomage.id' sebagai Media Promosi untuk UMKM Dalam Meningkatkan Online Engagement

Design And Development Of 'Froomage.id' Social Media Content as A Promotional Media for UMKM In Increasing Online Engagement

Tugas Akhir, 001 / 2021 / MPE
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2023-01-16 14:39:41
Oleh : Akmal Djati Salman - 185231002 (akmalds03@gmail.com)
Dibuat : 2023-01-16, dengan 4 file

Keyword : Instagram, komunikasi pemasaran, media sosial, online engagement
Subjek : Instagram, Marketing Communication, online engagement, social media

Perkembangan internet pada zaman sekarang sangat berpengaruh besar bagi masyarakat. Hal ini disebabkan oleh teknologi yang canggih sehingga banyak orang memanfaatkan internet sebagai media penyampain informasi dan komunikasi. Media yang sering digunakan yaitu sosial media. Diantara berbagai media sosial, instagram merupakan platform yang banyak diminati dikalangan masyarakat Indonesia. Selain untuk memberikan informasi, instagram sering dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melakukan promosi. @froomage.id merupakan UMKM yang bergerak industri food and beverages, berlokasi di Tarogong Kidul, Kabupaten Garut. Implementasi media promosi yang dilakukan melalui media sosial WhatsApp dan Instagram masih belum efektif dan tidak terkelola dengan baik. Dari permasalah tersebut maka dibuatlah proyek perancangan dan pembuatan konten sosial media instagram @Froomage.id sebagai media promosi untuk UMKM dalam meningkatkan online engagement. Proyek ini menggunakan metode kualitatif dengan data yang didapatkan melalui wawancara ahli, wawancara pemilik, dan wawancara konsumen. Tujuan dari proyek ini yaitu untuk menjadikan akun Instagram @froomage.id sebagai media promosi bagi followers dan customers, sehingga engagement dan minat untuk membeli produk cheesecake meningkat. Faktor-faktor yang digunakan yaitu context, communication, collaboration dan connection. Luaran yang dihasilkan oleh proyek ini yaitu pembuatan guide book yang berisi mengenai hal-hal yang harus diperhatikan dalam pengelolaan sosial media yang akan diberikan kepada owner @froomage.id.

Deskripsi Alternatif :

The development of the internet in today's era is very influential for society. This is due to sophisticated technology so that many people use the internet as a medium for conveying information and communication. The media that is often used is social media. Among various social media, Instagram is a platform that is in great demand among Indonesian people. In addition to providing information, Instagram is often used by the public to carry out promotions. @froomage.id.id is an UMKM engaged in the industry food and beverages, located in Tarogong Kidul, Garut Regency. The implementation of promotional media through WhatsApp and Instagram social media is still not effective and not well managed. From these problems, a design project and creation of Instagram social media content 'Froomage.id' was made as a promotional media to increase engagement. This project uses a qualitative method with data obtained through expert interviews, owner interviews, and consumer interviews. The purpose of this project is to make the @froomage.id.id Instagram account a promotional medium for followers and customers, so that engagement and interest in buying products cheesecake increases. The factors used are context, communication, collaboration and connection. The output produced by this project is the creation of a guide book containing matters that must be considered in managing social media which will be given to the owner of @froomage.id.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing 1: Lina Setiawati, S.MB., M.AB.

    Pembimbing 2: Wahyu Rafdinal, S.E., M.M., Editor: Erlin Arvelina

Download...