Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Manajemen Pemasaran > 2021
Proyek Perancangan dan Pembuatan Konten Media Sosial Instagram sebagai Media Promosi Baper Dimsum Saat Pandemi COVID-19
Project of Designing and Creating Content for Social Media Instagram as a Promotion Media Baper Dimsum During Pandemic of Covid-19
Tugas Akhir, 002 / 2021 / MPEUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2023-01-16 14:40:00
Oleh : Alhamim Dwi Putra - 185231003 (alhamim.dwi.mpem18@polban.ac.id)
Dibuat : 2023-01-16, dengan 4 file
Keyword : Covid-19, Komunikasi Pemasaran, Baper Dimsum
Subjek : Covid-19, Marketing Communication, Baper Dimsum
Berbagai macam strategi ditetapkan oleh pemerintah Indonesia sebagai upaya untuk meminimalisir penyebaran Covid-19. Sehingga kondisi ini menuntut pelaku UMKM untuk terus berupaya agar tetap bertahan saat pandemi virus corona. Pelaku UMKM dapat melakukan beberapa hal diantaranya beradaptasi dan menyusun strategi komunikasi pemasaran yang tepat. Salah satu media yang dapat digunakan untuk melakukan komunikasi pemasaran adalah dengan media sosial Instagram. Media promosi yang digunakan oleh Baper Dimsum saat ini hanya melalui Instagram dan tidak terkelola secara maksimal karena kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM). Oleh karena itu, dibuatlah proyek perancangan dan pembuatan konten media sosial Instagram sebagai media promosi Baper Dimsum saat Pandemi Covid-19. Tujuan dari proyek ini agar mengetahui cara perancangan dan pembuatan konten media sosial Instagram yang menarik sebagai media promosi Baper Dimsum saat pandemi Covid-19. Sebagai penunjang, diperlukan juga data yang berasal dari wawancara ahli, wawancara pemilik, dan wawancara konsumen. Hasilnya, fitur Instagram yang dapat dimanfaatkan yaitu reel, postingan (feed), story, dan carousel dan konten bermanfaat ada 4 kategori yaitu, konten edukatif, entertain, inspiratif, dan informatif. Sedangkan menurut pemilik dan konsumen, rancangan konten yang dibuat sudah bagus dibandingkan dengan konten sebelumnya dan sesuai dengan yang diharapkan oleh Baper Dimsum. Hasil akhir dari proyek ini berupa konten Instagram dan buku panduan yang disesuaikan dengan hasil wawancara. Kata Kunci: Covid-19, Komunikasi Pemasaran, Baper Dimsum.
Deskripsi Alternatif :Various strategies have been set by the Indonesian government as an effort to minimize the spread of Covid-19. So that this condition requires UMKM to continue to strive to survive during the corona virus pandemic. UMKM can do several things, including adapting and developing appropriate marketing communication strategies. One of the media that can be used to carry out marketing communications is social media Instagram. The promotional media used by Baper Dimsum is currently only through Instagram and is not managed optimally due to the lack of Human Resources (HR). Therefore, a design project and creation of social media Instagram content was made as a promotional medium for Baper Dimsum during the Covid-19 Pandemic. The purpose of this project is to find out how to design and create interesting Instagram social media content as a promotional medium for Baper Dimsum during the Covid-19 pandemic. As a support, data from expert interviews, owner interviews, and consumer interviews are also needed. As a result, Instagram features that can be utilized are reel, post (feed), story, and carousel and there are 4 categories of useful content, namely, educational, entertaining, inspiring, and informative content. Meanwhile, according to owners and consumers, the design of the content created is already good compared to the previous content and is in line with what Baper Dimsum expects. The final result of this project is Instagram content and a guidebook that is adapted to the results of the interview. Keywords: Covid-19, Marketing Communication, Baper Dimsum.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing 1: Dr. Drs. Iwan Mulyawan, Grad. Dpl., MBA.
Pembimbing 2: Wahyu Rafdinal, S.E., M.M., Editor: Erlin Arvelina
Download...
File : KELENGKAPAN TA - 185231003.pdf
(1360744 bytes)
File : BAB 1 - 185231003.pdf
(566657 bytes)
File : BAB 2 - 185231003.pdf
(295454 bytes)
File : BAB 5 - 185231003.pdf
(148186 bytes)