Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Manajemen Pemasaran > 2020

Upaya Peningkatan Brand Awareness UMKM Kuliner Tradisional Melalui Facebook Ads (Studi Kasus: Rumah Makan Nasi Bakar Ibu Kartini)

Efforts to Increase Brand Awareness of Traditional Culinary SMEs Through Facebook Ads (Case Study: Ibu Kartini Restaurant)

Tugas Akhir, 001 / 2020 / TME
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2022-04-18 14:17:27
Oleh : Amalia Nurul Fathia - 175231001 (amalianurulf@gmail.com)
Dibuat : 2022-04-18, dengan 4 file

Keyword : Facebook, Brand Awareness, Marketing Communication
Subjek : Facebook, Brand Awareness, Komunikasi Pemasaran

Promosi menjadi salah satu langkah yang dapat ditempuh sebuah bisnis guna menginformasikan dan menumbuhkan brand awareness. Media sosial Facebook telah menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat sehingga tepat difungsikan dalam memperkenalkan bisnis. Proyek ini bertujuan untuk menjelaskan fungsi dan karakteristik fitur Facebook khususnya dalam pengelolaan halaman promosi dan iklan berbayar guna meningkatkan brand awareness UMKM kuliner tradisional Nasi Bakar Ibu Kartini. Desain pelaksanaan proyek ini menggunakan riset kualitatif deskriptif melalui observasi dan wawancara. Wawancara dilakukan kepada sebelas orang informan yang terdiri dari pengelola Facebook Page PT Kirim Email, Digital Marketing Creator, Food Photogpraher dan delapan orang konsumen purposif. Analisis data memakai cara Miles dan Huberman. Proyek ini memberikan hasil bahwa penggunaan video dalam pemasaran Facebook telah berhasil meningkatkan brand awareness Nasi Bakar Ibu Kartini lebih tinggi yaitu sebesar 2,86% dibanding gambar yang hanya 0,62%. Facebook Ads beserta fitur detailed targeting berperan unggul dalam membidik konsumen yang tepat sesuai kebutuhan bisnis untuk menentukan segmenting, targeting, dan positioning serta berperan sebagai subjek riset dalam memproduksi konten. Disarankan melakukan konsistensi penerbitan iklan dan besar kecilnya anggaran yang dikeluarkan harus disesuaikan dengan kebutuhan karena hal tersebut dapat memengaruhi keberhasilan penyebaran informasi dan interaksi dalam suatu kampanye.

Deskripsi Alternatif :

Promotion is one of the steps a business can take to inform and grow brand awareness. Social media Facebook has become an important part of people\'s lives so that it is precisely used in introducing businesses. This project aims to explain the functions and characteristics of Facebook features, especially in managing promotional pages and paid advertisements in order to increase brand awareness of the traditional culinary MSME Nasi Bakar Ibu Kartini. This project implementation design used descriptive qualitative research through observation and interviews. Interviews were conducted with eleven informants consisting of managers of Facebook Page PT Send Email, Digital Marketing Creator, Food Photographer and eight purposive consumers. Data analysis using Miles and Huberman method. This project shows that the use of video in Facebook marketing has succeeded in increasing the brand awareness of Nasi Bakar Ibu Kartini, which is 2.86% higher than the image which is only 0.62%. Facebook Ads along with the feature detailed targeting plays an excellent role in targeting the right consumers according to business needs to determine segmenting, targeting and positioning as well as acting as research subjects in producing content. It is recommended that the consistency of advertising publishing and the size of the budget issued must be adjusted according to the needs because this can affect the success of information dissemination and interaction in a campaign.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing 1: Gundur Leo, S.Si., M.M.


    Pembimbing 2: Lina Setiawati, S.MB., M.AB., Editor: Muhammad Abdillah Islamy, S.Pd

Download...