Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2021

Persepsi E-Servicescape Dari Pengguna Aplikasi OVO Di Bandung

E-Servicescape Perception Of OVO Application Users In Bandung

Tugas Akhir, 004 / 2021 / ABS
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2023-04-18 11:56:47
Oleh : Amirah Uswatun Hasanah - 185211003 (amirah.uswatun.abs18@polban.ac.id)
Dibuat : 2023-04-18, dengan 4 file

Keyword : persepsi pengguna, lingkungan online, OVO
Subjek : user perception, online environment, OVO

Mengetahui tentang e-servicescape aplikasi OVO di Bandung serta untuk mengetahui dimensi dari e-servicescape yang memiliki nilai tertingggi dan terendah pada aplikasi OVO di Bandung merupakan tujuan penelitian ini. Penelitian ini berfokus terhadap e-servicescape dan dimensinya, yaitu, aesthetic appeal, layout & functionality, dan financial security. Sampel yang masuk dalam kriteria sampel ada sebanyak 182 responden dengan kriteria responden berdomisili di Bandung berusia 18 tahun atau lebih yang menginstal dan menggunakan aplikasi OVO. Teknik non probability sampling dengan purposive sampling dipilih untuk menarik sampel penelitian. Kemudian analisis statistik deskriptif dilakukan menggunakan aplikasi Statistic Package For The Social Sciences (SPSS) versi 22. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa e-servicescape dari aplikasi OVO berada pada kategori baik, tetapi empat indikator dalam e-servicescape memiliki penilaian cukup baik, yaitu originality of design, entertainment value, customization/personalization, dan interactivity. Kemudian dimensi dengan nilai tertinggi adalah financial security disusul oleh layout & functionality dan dimensi yang mendapatkan nilai terendah adalah aesthetic appeal. Kata kunci: persepsi pengguna, lingkungan online, OVO.

Deskripsi Alternatif :

Knowing about the e-servicescape of the OVO application in Bandung and knowing the dimensions of the e-servicescape that has the highest and lowest values on the OVO application in Bandung is the purpose of this study. This research focuses on the e-servicescape and its dimensions, namely, aesthetic appeal, layout & functionality, and financial security. The sample included in the sample criteria was 182 respondents with the criteria of respondents domiciled in Bandung for 18 years or more who installed and used the OVO application. Non-probability sampling technique with purposive sampling was chosen to draw the research sample. Then descriptive statistical analysis was carried out using the Statistical Package For The Social Sciences (SPSS) version 22 application. The results of the study showed that the e-servicescape of the OVO application was in the good category, but four indicators in the e-servicescape were quite good, namely the originality design, entertainment value, customization/personalization, and interactivity. Then the dimension with the highest score is financial security followed by layout & functionality and the dimension that gets the lowest score is aesthetic appeal. Keywords: user perception, online environment, OVO.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Sri Raharso, S.Sos., M.Si., Editor: Erlin Arvelina

Download...