Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2019
Pembuatan Standard Operating Procedure (SOP) Pelayanan Pemesanan Tiket Online Pada Website Tiketux.com PT Niaga Handal Cemerlang
Making Standard Operating Procedure (SOP) Online Ticket Booking Services on Tiketux.com Website PT Niaga Handal Cemerlang
Tugas Akhir, 035 / 2019 / ABSUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2020-02-17 08:53:30
Oleh : Andri Arsyadi - 165211037 (andriarsyadi64@gmail.com)
Dibuat : 2020-02-17, dengan 4 file
Keyword : SOP, Pemesanan Tiket, Website tiketux
Subjek : SOP, Ticket Booking, Ticketux Website
PT Niaga Handal Cemerlang atau biasa dikenal oleh masyarakat dengan nama Arnes Shuttle, merupakan sebuah perusahaan bisnis yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa Shuttle (antar jemput) lintas kota meliputi daerah Bandung, Jatinangor, Soreang, Purwakarta, Majalengka, dan Pancoran. Kegiatan operasional Arnes Shuttle beralamat di Baltos, Jl. Tamansari No. 2, Kota Bandung. Sedangkan kantor pusatnya berlokasi di Kompleks Taman Millenium No. 2A Jl. Sukawarna. Arnes Shuttle mulai beroperasi sejak Desember 2011 dan masih aktif beroperasi sampai saat ini, Arnes Shuttle sukses bersaing dan menjaga eksistensi nya tidak kalah dengan Argo Travel ternama lainnya di Kota Bandung. Dalam menjalankan bisnis Shuttle, tidak lepas dari kegiatan pelayanan pemesanan tiket. Akan tetapi , dalam kegiatan pelayanan pemesanan tiket ini, belum tersedia SOP tertulis perihal pelayanan pemesanan tiket, dimana prosedur tersebut hanya diberikan petunjuk lisan melalui training yang dilakukan oleh karyawan di bagian Customer Service Mengingat pelayanan pemesanan tiket merupakan kegiatan yang rutin dilakukan, dan sistem pemesanan tiket yang baru diterapkan oleh perusahaan menggunakan sistem online oleh karena itu Standard Operating Procedure diperlukan agar kegiatan pelayanan pemesanan tiket ini dapat membantu kinerja pegawai khususnya pada bagian CS. SOP yang dibuat hanya meliputi pemesanan tiket online via website tiketux.com. Pembuatan SOP ini menggunakan teknik gabungan antara flowchart dengan narasi. Hasil pembuatan proyek ini dituangkan ke dalam buku pedoman SOP yang kemudian dilakukan uji coba pada karyawan yang terlibat dalam hal ini CS, serta dilakukan evaluasi SOP dengan cara wawancara kepada pihak yang terkait dengan SOP tersebut, sehingga diharapkan SOP yang sudah dibuat dapat di implementasikan untuk menunjang kelancaran pelayanan pemesanan tiket di PT Niaga Handal Cemerlang (Arnes Shuttle). Kata Kunci: SOP, Pemesanan Tiket, Website tiketux.
Deskripsi Alternatif :PT Niaga Handal Cemerlang or commonly known by the community by the name of Arnes Shuttle, is a business company that is engaged in cross-city Shuttle services including the area of Bandung, Jatinangor, Soreang, Purwakarta, Majalengka, and Pancoran. Arnes Shuttle's operational activities are located at Baltos, Jl. Tamansari No. 2, City of Bandung. While the head office is located in the No. Millenium Park Complex. 2A Jl. Sukawarna. Arnes Shuttle began operating since December 2011 and is still actively operating until now, Arnes Shuttle has successfully competed and kept its existence not inferior to other famous Argo Travel in the city of Bandung. In running the Shuttle business, it cannot be separated from ticket booking service activities. However, in this ticket booking service activity, there is no written SOP regarding ticket booking services, where the procedure is only given verbal instructions through training conducted by employees at the Customer Service section. Considering that ticket booking services are routine activities, and ticket booking systems the new one applied by the company uses an online system because of that the Standard Operating Procedure is needed so that ticket booking service activities can help the performance of employees, especially in the CS section. The SOP made only includes ordering tickets online via the Tiketux.com website. Making this SOP uses a combination of flowchart and narrative techniques. The results of making this project are poured into an SOP guidebook which is then tested on employees involved in this CS, and SOP evaluation is carried out by interviewing parties related to the SOP, so that the expected SOPs can be implemented to support smooth ticket booking service at PT Niaga Handal Cemerlang (Arnes Shuttle). Keywords: SOP, Ticket Booking, Ticketux Website.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing: Dra. Sri Surjani Tjahjawati, M.Si., Editor: Erlin Arvelina
Download...
File : KELENGKAPAN TA - 165211037.pdf
(880306 bytes)
File : BAB 1 - 165211037.pdf
(188650 bytes)
File : BAB 2 - 165211037.pdf
(264078 bytes)
File : BAB 4 - 165211037.pdf
(167961 bytes)