Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Manajemen Pemasaran > 2019

Pemanfaatan Media Sosial Instagram Untuk Meningkatkan Minat Berperilaku Konsumen Kafe Congress Coffee & Bites

The Utilization of Instagram Social Media to Increase Consumer Behavioral Intention of Congress Coffee & Bites Cafe

Tugas Akhir, 004 / 2019 / MPE
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2020-02-18 09:41:04
Oleh : Anggun Nur Efriena - 165231004 (anggunne@gmail.com)
Dibuat : 2020-02-18, dengan 4 file

Keyword : Pemasaran Media Sosial, Media Sosial Instagram, Minat Berperilaku Konsumen
Subjek : Social Media Marketing, Instagram Social Media, Consumer Behavioral Intention

Seiring perkembangan zaman, dunia bisnis dimudahkan dengan adanya perkembangan teknologi, khususnya internet. Internet dapat mencakup berbagai macam platforms, dan salah satunya adalah media sosial. Selain dapat mempermudah alur pertukaran informasi dan interaksi yang lebih efisien, kegiatan pemasaran melalui media sosial atau lebih dikenal sebagai social media marketing, diharapkan dapat menggarap pelanggan sebanyak mungkin dengan biaya promosi yang lebih sedikit atau sama sekali tanpa biaya. Pada saat ini, banyak penggiat bisnis yang memanfaatkan media sosial tersebut, salah satunya adalah Kafe Congress Coffee & Bites yang mana menjadi objek pada penelitian ini. Salah satu media sosial yang dipakai sebagai alat promosi kafe tersebut adalah Instagram. Penelitian ini memiliki untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat efektivitas serta pengaruh yang ditimbulkan oleh media sosial Instagram dalam meningkatkan minat berperilaku konsumen kafe tersebut. Data yang diperoleh melalui pendekatan kuantitatif dengan cara penyebaran kuesioner berskala likert yaitu berjumlah 245 responden yang pernah melihat Instagram Congress Coffee, baik itu followers maupun non-followers. Melalui uji atau analisis data yang terdiri dari analisis demografi, uji validitas dan reliabilitas, analisis deksriptif statistika, serta uji regresi, dapat diketahui bahwa variabel social media marketing berpengaruh yang cukup signifikan dan positif terhadap minat berperilaku konsumen kafe tersebut, kecuali pada dimensi customization dan interaction. Lalu seluruh dimensi yang telah ditentukan pada penelitian ini memiliki tingkat efektivitas yang cukup baik pula di mata atau persepsi para responden. Maka dari itu, tidak menuntut kemungkinan untuk dilakukannya beberapa upaya yang dapat meningkatkan performa atau manfaat dari penggunaan media sosial Instagram kafe tersebut untuk meningkatkan minat berperilaku para konsumennya. Kata Kunci: Pemasaran Media Sosial, Media Sosial Instagram, Minat Berperilaku Konsumen.

Deskripsi Alternatif :

Along with the times, the business world is facilitated by technological developments, especially the internet. The internet can cover various platforms, and one of them is social media. Besides being able to facilitate the flow of information exchange and efficient interaction, marketing activities through social media or known as social media marketing is expected to be able to work on customers as much as possible with fewer or no promotional costs. At this time, many business activists are utilizing social media, and one of them is Congress Coffee & Bites Cafe, which becomes the object of this research. One of the social media that is used as its cafe promotion tool is Instagram. This study aims to find out how much the effectiveness and influence caused by Instagram social media in increasing the behavioral intention of that cafe consumers. The data obtained through a quantitative approach by distributing Likert scale questionnaires, amounting to 245 respondents who had seen Congress Coffee Instagram before, both followers or non-followers. Through test or data analysis which consists of demographic analysis, validity and reliability test, statistical descriptive analysis, and regression test, it can be seen that the social media marketing variables has a significant and positive influence on the consumers' behavioral intention, except in the customization and interaction dimension. Then all of the dimensions that have been determined in this study have a fairly good level of effectiveness in the eyes or perceptions of the respondents. Therefore, it does not require the possibility to do some efforts that can improve the performance or benefits of using the Instagram social media of that cafe to increase the its consumer behavioral intention. Keywords: Social Media Marketing, Instagram Social Media, Consumer Behavioral Intention.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Gundur Leo, S.Si., M.M., Editor: Erlin Arvelina

Download...