Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2019

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Menggunakan Jasa Arnes Shuttle Di Kota Bandung

Factors Affecting Consumer Decisions In Using Shuttle Arnes Services In Bandung City

Tugas Akhir, 036 / 2019 / ABS
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2020-02-17 08:55:55
Oleh : Anita Raudhatul Jannah - 165211038 (anita.raudhatul.abs16@polban.ac.id)
Dibuat : 2020-02-17, dengan 4 file

Keyword : Faktor keputusan konsumen, jasa, shuttle travel
Subjek : Factors of consument decision, service, shuttle travel

Seiring dengan tingginya mobilitas penduduk dari satu wilayah ke wilayah lainnya memberikan efek langsung terhadap berkembangnya bisnis di sektor jasa transportasi khususnya jasa shuttle travel. Arnes Shuttle merupakan salah satu jasa shuttle travel di Kota Bandung yang melayani point to point dengan memiliki 8 rute dan layanan pengiriman barang. Berkembangnya jasa shuttle travel, memberikan peluang bisnis bagi para perusahaan jasa transportasi. Faktanya sejak dibangun insfrastruktur jalan di Indonesia pada tahun 2019, persaingan antar shuttle semakin ketat yang mana banyak bermunculannya shuttle-shuttle baru di Kota Bandung yang memiliki keunggulan dibanding jasa yang ditawarkan Arnes Shuttle seperti lebih mudah dalam reservasi, lebih murah, pool nyaman, dan pelayanan baik. Dengan kondisi persaingan yang sangat ketat, Arnes Shuttle perlu mengetahui tingkat faktor-faktor keputusan konsumen dalam menggunakan jasa shuttle, karena dengan mengetahui tingkat faktor-faktor tersebut Arnes Shuttle dapat memperbaiki faktor apa saja yang perlu ditingkatkan kembali demi merebut pangsa pasar. Analisis ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data analisis berasal dari data primer berupa kuesioner, observasi dan wawancara serta data sekunder berupa sumber pustaka. Dalam pengujian data, peneliti menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan analisis deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam menggunakan jasa Arnes Shuttle terdiri dari: pemasaran, sosial dan psikologis yang mana secara keseluruhan berada pada kategori baik. Dari ketiga faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen, faktor psikologis merupakan faktor yang paling mendominasi dibandingkan faktor lainnya. Kata kunci: Faktor keputusan konsumen, jasa, shuttle travel.

Deskripsi Alternatif :

Along with the high mobility of residents from one region to another give direct effect to the growth of business in the transportation services sector, especially shuttle travel services. Arnes Shuttle is one of the shuttle services in Bandung City that serve the point to point by having 8 routes and freight services. The development of shuttle travel services, providing business opportunities for transportation services companies. In fact since the construction of road infrastructure in Indonesia in 2019, the shuttle competition is getting tougher which is a lot of new shuttle service in the city of Bandung that has advantages over the services offered by Arnes Shuttle such as easier in reservation, cheaper, comfortabel pool, and good service. With very strict competition conditions, Arnes Shuttle needs to know the level of consumer decision factors in using the shuttle service, because by knowing the level of these factors Arnes Shuttle can improve any factor That needs to be upgraded again in order to seize market share. This analysis was conducted by spreading the questionnaire to 100 respondents. The method used is a descriptive method with a quantitative approach. Analysis data comes from primary data in the form of questionnaires, observations and interviews as well as secondary data of library resources. In data testing, researchers use validity tests, reliability tests and descriptive analysis. The results of the analysis showed that the factors influencing the consumer's decision to use the Arnes Shuttle service consist of: marketing, social and psychological which overall are in good category. Of the three factors that influence consumer decisions, psychological factors are the most dominant factor compared to other factors. Keywords: Factors of consument decision, service, shuttle travel.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Dra. Sri Surjani Tjahjawati, M.Si., Editor: Erlin Arvelina

Download...