Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Manajemen Pemasaran > 2021

Proyek Marketing Plan Produk Healthy Food: Studi Kasus Pada PT Cakra Terang Indonesia

Project Marketing Plan Healthy Food Product: A Case Study on PT Cakra Terang Indonesia

Tugas Akhir, 005 / 2021 / MPE
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2023-01-16 15:10:42
Oleh : Annisya Dinar Nurzaelani - 185231006 (annisya.dinar.mpem18@polban.ac.id)
Dibuat : 2023-01-16, dengan 4 file

Keyword : Rencana Pemasaran, Bauran Pemasaran, Analisis SWOT, PT Cakra Terang Indonesia (Caterin.id)
Subjek : Marketing Plan, Healthy Food, Marketing Mix, SWOT, PT Cakra Terang Indonesia (Caterin.id)

Tingginya angka kasus covid-19 menimbulkan dampak dari berbagai aspek sampai akhirnya mengganggu aktivitas sehari-hari masyarakat. Penyebarannya yang cepat dan memiliki gejala yang serupa dengan penyakit pada umumnya, yang sampai akhirnya membuat pemerintah memberikan perintah untuk melaksanakan pembatasan sosial berskala besar dengan membatasi adanya interaksi dengan orang lain diluar rumah. Hal ini tentunya membawa perubahan bagi masyarakat seperti adanya pembelian makanan secara online lalu adanya trend dan kesadaran untuk mulai mengonsumsi makanan sehat demi menjaga imun tubuh. Ini menjadi peluang untuk PT Cakra Terang Indonesia (Caterin.id) yang merupakan start-up catering online guna memenuhi kebutuhan masyarakat dalam mengonsumsi makanan sehat dan juga sebagai upaya dalam memperbaiki pendapatan perusahaan. Bersama produk Healthy food, Caterin.id mencoba lagi memasuki pasar dan bersaing dengan kompetitor makanan sehat di Bandung. Untuk memasuki sebuah pasar dan melakukan kegiatan pemasaran, diperlukan rencana pemasaran yang baik agar tujuan dari perusahaan tercapai. Dalam proyek rencana pemasaran ini penulis melakukan analisis lingkungan bisnis internal menggunakan bauran pemasaran 4P, lalu untuk eksternal menggunakan analisis 5 kekuatan Porter. Hasil analisis lingkungan internal dan eksternal yang didapat akan dihitung menggunakan analisis SWOT dengan melakukan pembobotan skor yang nantinya akan menunjukan posisi perusahaan di pasar beserta strategi dan action plan yang dapat mendukung dalam aktivitas pemasaran perusahaan. Luaran dari proyek ini akan berbentuk Laporan Marketing Plan yang dapat menjadi pedoman bagi perusahaan untuk mengimplementasikan rencana pemasaran produk healthy food nantinya. Penulis berharap rencana pemasaran healthy food ini dapat membantu PT Cakra Terang Indonesia (Caterin.id) dalam bersaing di pasar makanan sehat dan mendapatkan keuntungan dari produk healthy food. Kata Kunci: Rencana Pemasaran, Bauran Pemasaran, Analisis SWOT, PT Cakra Terang Indonesia (Caterin.id).

Deskripsi Alternatif :

The high number of COVID-19 cases has had an impact on various aspects and eventually disrupted people's daily activities. It spreads quickly and has symptoms similar to other diseases in general, which finally made the government give orders to implement large-scale social restrictions by limiting interactions with other people outside the home. This of course brings changes to society, such as buying food online, and then there is a trend and awareness to start eating healthy food to maintain the body's immune system. This is an opportunity for PT Cakra Terang Indonesia (Caterin.id) which is an online catering start-up to meet the needs of the community in consuming healthy food and also as an effort to improve company income. With Healthy food products, Caterin.id is trying to enter the market again and compete with healthy food competitors in Bandung. To enter a market and carry out marketing activities, a good marketing plan is needed so that the company's goals are achieved. In this marketing plan project, the author analyzes the internal business environment using the 4P marketing mix, then externally using Porter's 5 forces analysis. The results of the internal and external environmental analysis obtained will be calculated using a SWOT analysis by weighting the score which will later show the company's position in the market along with strategies and action plans that can support the company's marketing activities. The output of this project will be in the form of a Marketing Plan Report which can be a guideline for companies to implement marketing plans for healthy food products later. The author hopes that this healthy food marketing plan can help PT Cakra Terang Indonesia (Caterin.id) to compete in the healthy food market and benefit from healthy food products. Keywords: Marketing Plan, Healthy Food, Marketing Mix, SWOT, PT Cakra Terang Indonesia (Caterin.id).

Beri Komentar ?#(19) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing 1: Drs. Tjetjep Djatnika, MBA.

    Pembimbing 2: Rafiati Kania, S.Si., MSM., Editor: Erlin Arvelina

Download...