Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Manajemen Pemasaran > 2017

Analisis Kualitas Pengalaman Wisatawan Terhadap Pertunjukan Di Saung Angklung Udjo

An analysis tourism experience of Saung Angkung Udjo in attraction Performances

Tugas Akhir, 004 / 2017 / MPE
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2018-01-26 15:17:45
Oleh : Anwar Alawi - 145231004 (anwaralawi30@gmail.com)
Dibuat : 2017-10-20, dengan 4 file

Keyword : Wisata kreatif, Persepsi, Pengalaman
Subjek : Creative Tourism, Perception, Experience

Wisata kreatif menjadi salah satu sektor yang akan semakin berkembang dimasa yang akan datang, dimana wisata ini merupakan wisata yang unik yaitu proses produksi dan konsumsi jasa merupakan interaksi antara wisatawan sebagai konsumen dan penyedia jasa sebagai produsen. Penelitian ini dilakukan di perusahaan penyedia wisata kreatif Saung Angklung Udjo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi wisatawan terhadap pengalaman yang didapatkan dari pertunjukan yang disajikan oleh Saung Udjo, dengan menggunakan responden yaitu wisatawan yang datang dari berbagai Daerah diantaranya Bandung dan sekitarnya, Luar Bandung dan Luar Negeri. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif untuk mendeskripsikan persepsi wisatawan terhadap pengalaman pertunjukan, serta analisis T-tes dan ANOVA untuk mengetahui perbedaan persepsi antara wisatawan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa persepsi wisatawan terhadap pengalaman yang didapatkan sudah baik dan positif. Selanjutnya, hasil uji beda menunjukkan bahwa terdapat perbedaan persepsi antara wisatawan berdasarkan pendidikan terakhir pada dimensi escape, peace of mind, involvement dan interactivity. Selain itu juga diketahui terdapat perbedaan persepsi antara wisatawan berdasarkan asal daerah terhadap pelayanan. Lebih spesifik lagi, hasil analisis menunjukkan terdapat satu dimensi yang memiliki nilai paling terkecil diantara yang lainnya yaitu dimensi escape. Dimensi ini menjelaskan tentang keterbebasan wisatawan dari rutinitas sehari-harinya serta jangkauan jarak menuju Saung Udjo, sehingga penulis mengambil indikator pada dimensi escape ini yaitu “lokasi yang mudah dijangkau” sebagai bahan untuk membuat luaran penelitian, yaitu menciptakan papan penunjuk jalan. Hal ini bertujuan untuk mempermudah wisatawan menjangkau lokasi Saung Angklung Udjo. Kata Kunci: Wisata kreatif, Persepsi, Pengalaman.

Deskripsi Alternatif :

Creative tourism becomes one of the sectors that will be developed in the future, where this tour is a unique tour that is the process of production and consumption of services is the interaction between tourists as consumers and service providers as producers. Research conducted by the writer that is Saung Angklung Udjo company, which this company is one of the creative tourism provider. This study aims to determine the perception of tourists to the experience gained from performances presented by Saung Udjo, using respondents who come from various regions, including Bandung and surrounding areas, Outside Bandung and Abroad. Then this research uses descriptive analysis to describe analysis tourism experience of Saung Angklung Udjo attraction performances and T-test and ANOVA analysis to know the difference of perception between the tourists.The results of this study indicate that the perception of tourists to experience is good and positive. Furthermore, different test results indicate that there is a difference of perception among tourists based on recent education on escape dimension, peace of mind, involvement and interactivity. It is also known there are differences in perceptions between tourists based on the origin of the region to service. Specifically, the results indicated one dimension that has the smallest value among the other is the escape dimension. This dimension explains the freedom of tourists from their daily routines and the range of distance to Saung Udjo, so the writer takes the indicator on this escape dimension that is "easily accessible location" as an input for making the outcome of this research, which is creating a signpost. The outcome aims to facilitate tourists to reach the location Saung Angklung Udjo. Keywords: Creative Tourism, Perception, Experience.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Adila Sosianika S.E., M.A.I.M.M., Editor: Erlin Arvelina

Download...