Path: Top > Tugas Akhir - D3 > Jurusan Teknik Refrigerasi dan Tata Udara > Program Studi Teknik Refrigerasi dan Tata Udara > 2013
Perancangan Sistem Tata Udara Kapal Feri 370 Penumpang
Designing of Air Conditioning System 370 Pax Ferry Vessel
Tugas Akhir, 083 / 2013 / RTUUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2017-04-26 16:14:43
Oleh : Anwar Shidiq - 101611038 (akangshidiq@gmail.com)
Dibuat : 2017-04-26, dengan 4 file
Keyword : kapal, sistem tata udara, beban pendinginan, CLTD, equal friction rate
Subjek : vessel, air conditioning system, cooling load, CLTD, equal friction rate
Kapal laut merupakan salah satu alat transportasi yang udaranya perlu dikondisikan seperti halnya bangunan, sebab pada saat berlayar temperatur udara luar begitu tinggi dan terasa panas, hal ini akan membuat orang-orang merasa tidak nyaman. Oleh karena itu, di sana haruslah ada sebuah sistem tata udara yang bisa menyediakan udara yang nyaman untuk semua orang yang berada di kapal. Dari permasalahan tersebut maka tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk merancang sistem tata udara pada kapal 370 Pax Ferry dengan menghitung beban pendinginan, menghitung ukuran saluran udara, dan mencari spesifikasi peralatan sistem tata udara berdasarkan hasil perhitungan. Beban pendinginan akan dihitung dengan menggunakan metode CLTD sedangkan ukuran saluran udara akan dihitung dengan menggunakan metode equal friction rate, dan spesifikasi peralatan sistem tata udara dipilih berdasarkan hasil perhitungan. Dari hasil perhitungan, kapal tersebut memiliki beban pendinginan sebesar 437.997,26 Btu/h dan membutuhkan seawater-cooled chiller dengan kapasitas 153,3 kW. Untuk mendistribusikan udara yang telah didinginkan ada 2 buah AHU yang digunakan, AHU 1 untuk bridge deck dan forecastle deck dengan kebutuhan udara terkondisikan sebanyak 2.585,63 cfm dan AHU 2 untuk main deck dengan kebutuhan udara yang terkondisikan sebanyak 3.654,30 cfm yang dilengkapi dengan pemanas elektrik. Kata kunci: kapal, sistem tata udara, beban pendinginan, CLTD, equal friction rate.
Deskripsi Alternatif :Ship or vessel is one kind of transportation device that the air needs to be conditioned like a building, because during shipping the outside air temperature is too high, it is felt hot, and it will make people feel uncomfortable. Therefore, there must be an air conditioning system that can provide comfortable air for all the people in the ship. From the problem mentioned, the purpose of this final project is to design an air conditioning system on 370 Pax Ferry vessel by calculating cooling load, calculating size of air duct, and selecting air conditioning equipment based on calculation result. Cooling load will be calculated using CLTD method whereas size of air duct will be calculated using equal friction method, and air conditioning equipment specs will be selected based on calculation result. From the calculation result, the vessel has a cooling load of 437.997,26 Btu/h and it requires seawater-cooled chiller with capacity of 153,3 kW. To distribute conditioned air, there are 2 AHU used. AHU 1 for bridge deck and forecastle deck with conditioned air requirement of 2.585,63 cfm and AHU 2 for main deck with conditioned air requirement of 3.654,30 cfm completed with electric heater. Keywords: vessel, air conditioning system, cooling load, CLTD, equal friction rate.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing 1: Luga Martin Simbolon, S.T., M.Sc.
Pembimbing 2: Cecep Sunardi, S.T., M.Eng., Editor: Erlin Arvelina
Download...
File : DAFTAR - 101611038.pdf
(392491 bytes)
File : BAB 1 - 101611038.pdf
(174779 bytes)
File : BAB 2 - 101611038.pdf
(284477 bytes)
File : BAB 8 - 101611038.pdf
(169233 bytes)