Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2021

Penyusunan Pedoman Pelayanan Belanja Online Di Toserba Yogya Kopo Mas Bandung

Designing Online Shopping Service Guidelines in Toserba Yogya Kopo Mas Bandung

Tugas Akhir, 036 / 2021 / ABS
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2023-04-26 11:53:40
Oleh : Ardira Irin Priatni - 185211039 (ardira.irin.abs18@polban.ac.id)
Dibuat : 2023-04-26, dengan 4 file

Keyword : Belanja Online, Pedoman, Standard Operating Procedure (SOP)
Subjek : Online Shopping, Guidelines, Standard Operating Procedure (SOP)

Pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, seluruh sektor bidang usaha berlomba untuk mempertahankan perusahaannya. Begitu pula dengan Toserba Yogya Kopo Mas yang merupakan perusahaan cabang ritel dari Yogya Group yang terus berusaha untuk bertahan ditengah kondisi pandemi Covid-19 ini dengan memanfaatkan pelayanan menggunakan media sosial sebagai media untuk berbelanja Online. Toserba Yogya Kopo Mas memberikan pelayanan menggunakan media sosial melalui aplikasi WhatsApp kepada masyarakat yang ingin memenuhi kebutuhan pokok sehari-harinya dengan tetap berada di dalam rumah saja. Terdapat permasalahan dalam kegiatan pelayanan belanja online via whatsapp di Toserba Yogya Kopo Mas diantaranya karyawan yang bertugas sering kali lupa memberikan laporan pennjualan harian yang seharusnya dilakukan setelah proses pelayanan berakhir sore hari, namun dilakukannya pagi keesokan harinya. Serta tidak konsisten dalam memberikan setiap pelayanannya. Berdasarkan kendala-kendala yang telah disebutkan, pembuatan Pedoman Standard Operating Procedure (SOP) menjadi penting guna mengindari kesalahan, keraguan, duplikasi, dan inefisiensi (Arnina, 2016). Penyusunan dan pembuatan Pedoman Pelayanan Belanja Online via WhatsApp di Toserba Yogya Kopo Mas menggunakan teknik diagram alir (flowchart) bercabang dengan tujuan memperlancar, mengefektifkan serta mengefisienkan prosedur kegiatan pelayanan belanja online via whatsapp sehingga kendala-kendala yang terjadi tidak terulang kembali. Output yang dihasilkan dari proyek ini merupakan buku panduan SOP yang dapat dijadikan panduan oleh Toserba Yogya Kopo Mas Kota Bandung. Kata Kunci: Belanja Online, Pedoman, Standard Operating Procedure (SOP).

Deskripsi Alternatif :

During the current Covid-19 pandemic, all business sectors are competing to maintain their companies. Likewise with the Yogya Kopo Mas Department Store which is a retail branch company of the Yogya Group which continues to try to survive in the midst of the Covid-19 pandemic by utilizing services using social media as a medium for online shopping. The Yogya Kopo Mas department store provides services using social media through the WhatsApp application to people who want to fulfill their daily basic needs by staying at home. There are problems in online shopping service activities via whatsapp at the Yogya Kopo Mas Toserba such as the employees on duty often forget to provide daily sales reports that should be done after the service process ends in the afternoon, but do it in the morning the next day. And inconsistent in providing every service. Based on the constraints that have been mentioned, the preparation of Standard Operating Procedure (SOP) Guidelines is important in order to avoid errors, doubts, duplication, and inefficiencies (Arnina, 2016). The preparation and manufacture of Online Shopping Service Guidelines via WhatsApp at the Yogya Kopo Mas Department Store using a branched flowchart technique with the aim of expediting, streamlining and streamlining the procedures for online shopping service activities via WhatsApp so that the obstacles that occur do not recur. The output produced from this project is an SOP manual that can be used as a guide for the Yogya Kopo Mas Department Store Bandung. Keywords: Online Shopping, Guidelines, Standard Operating Procedure (SOP).

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Ira Siti siti, S.ST., MBA., Editor: Erlin Arvelina

Download...